Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 27/02/2018 13:36 WIB

Tim MER-C Susuri Korban Erupsi Sinabung di Kecamatan Payung

tim mer c di sinabung
tim mer c di sinabung
MEDAN_DAKTACOM: Menindaklanjuti assessment yang dilakukan oleh Tim MER-C pada tanggal 20 Februari 2018 pasca erupsi gunung Sinabung di kabupaten Karo, Minggu/25 Februari 2018 MER-C kembali mengirimkan tim guna melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum, dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat terdampak bencana.
 
Tim yang dikirim sebanyak 17 relawan yang terdiri dari 3 dokter umum, 5 perawat, 2 mahasiswa keperawatan, 5 mahasiswa kedokteran, 1 mahasiswa kebidanan, dan 1 relawan non medis yang bertindak sebagai supir. Dengan menggunakan 2 armada, ambulans dan bus pregio, Tim berangkat menuju lokasi bencana tepatnya di kecamatan Payung. 
 
Di wilayah ini tim melaksanakan kegiatan pengobatan dan penyaluran bantuan donatur di tiga lokasi yaitu desa Payung, desa Selandi Lama, dan desa Selandi Baru. Tiba di lokasi sekitar jam 14.30 dan langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa Payung kemudian membagi tim menjadi dua. 
 
Tim pertama fokus melaksanakan kegiatan medis di Desa Payung dan tim kedua mobile ke desa-desa yang ada di kecamatan Payung. Total pasien yang ditangani di kecamatan Payung sebanyak 242 orang dengan princian 170 orang di desa Payung, 57 orang di desa Selandi Lama dan sisanya 15 orang di desa Selandi Baru. Permasalahan kesehatan yang banyak dijumpai adalah iritasi mata, ISPA, dan penyakit degeneratif hipertensi dan diabetes militus.
 
Tim selesai melaksanakan kegiatan sekitar pukul 19.30. Saat tim dalam perjalanan kembali ke Medan, tim mendapatkan kabar bahwa gunung Sinabung kembali erupsi dengan arah angin perlahan ke arah barat daya.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis MerC
- Dilihat 514 Kali
Berita Terkait

0 Comments