Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/02/2018 07:00 WIB

Registrasi Kartu Prabayar: 250,89 Juta Pelanggan Telah Terdaftar

kartu sim selular
kartu sim selular
JAKARTA_DAKTACOM: Hingga 21 Februari 2018, sebanyak 250,89 juta pelanggan kartu prabayar telah melakukan registrasi nomor dan datanya.
 
Program registrasi Ulang Kartu Prabayar Kementerian Komunikasi dan Informatika ini dimulai pada 31 Oktober 2017. Registrasi Ulang Kartu Prabayar akan memasuki batas akhir pada 28 Februari 2018.
 
Program ini merupakan wujud hadirnya negara untuk melindungi masyarakat dari penipuan, tindak kejahatan, dan pelanggaran hukum dengan menggunakan sarana telepon seluler dan media elektronik lainnya.
 
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli menekankan beberapa poin kepada masyarakat pengguna layanan seluler kartu prabayar jelang masa akhir Registrasi Ulang Kartu Prabayar.
 
"Pelanggan dan masyarakat diingatkan agar menggunakan data NIK dan Nomor KK secara benar dan berhak.
 
Menggunakan data NIK dan Nomor KK orang lain tanpa hak adalah dilarang dan merupakan pelanggaran hukum," kata Ahmad dalam siaran pers, Rabu (21/2).
 
Selain itu, masyarakat juga diminta tidak melakukan registrasi dengan NIK dan Nomor KK yang di-upload oleh pihak yang tidak bertanggung jawab di jaringan internet.
 
Bagi pelanggan yang belum melakukan registrasi diharapkan mengikuti format yang benar, dan jika mengalami kendala terkait data kependudukan maka pelanggan diharapkan bisa menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.
 
Menurut Ahmad, pemerintah menjamin keamanan data pelanggan kartu prabayar, karena operator layanan seluler dilarang membocorkan data pribadi pelanggan. "Jika terjadi pelanggaran maka akan dikenakan sanksi hukum," tegas Ahmad.
 
Tidak hanya itu, pemerintah juga mewajibkan sertifikasi ISO 27001 kepada operator layanan seluler yang mengatur keamanan informasi dalam pengelolaan data pelanggan.
 
Jika sampai batas akhir pelanggan lama tidak melakukan registrasi akan terkena pemblokiran layanan telekomunikasi secara bertahap.
 
Tahap pertama pemblokiran dilakukan untuk layanan telepon dan SMS keluar, namun pelanggan masih bisa menerima telepon dan SMS masuk serta mengakses internet. Tahap kedua, layanan telepon dan SMS masuk dan keluar diblokir, pelanggan hanya bisa menggunakan layanan internet. Sedangkan untuk tahap akhir layanan telepon dan SMS baik masuk dan keluar serta layanan internet tidak bisa digunakan jika pelanggan belum juga melakukan registrasi ulang.
 
Namun selama masa pemblokiran bertahap, masyarakat tetap dapat melakukan registrasi melalui SMS, website, atau langsung mendatangi gerai operator masing-masing.
 
Layanan khusus SMS registrasi ke 4444 dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin melakukan registrasi dengan catatan kartu prabayar masih dalam masa aktif/tenggang.
Editor :
Sumber : bisnis.com
- Dilihat 501 Kali
Berita Terkait

0 Comments