Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 14/02/2018 14:30 WIB

Jokowi: Infrastruktur untuk Bangun Keadilan Sosial Seluruh Rakyat

Presiden Jokowi memukul bedug sebagai tanda pembukaan Kongres ke 30 HM
Presiden Jokowi memukul bedug sebagai tanda pembukaan Kongres ke 30 HM
AMBON_DAKTACOM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri pembukaan Kongres ke-30 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), di Auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (14/2) pagi.
 
Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menyampaikan alasannya pemerintah membangun infrastruktur, membangun jalan, membangun jembatan, pelabuhan, bandar udara, waduk, pembangkit listrik dalam awal-awal pemerintahan yang dipimpinnya.
 
“Ini merupakan langkah awal yang dibutuhkan sebagai prasyarat pembangunan yang berkelanjutan. Untuk menopang ekonomi nasional kita, untuk bisa berkompetisi dengan negara-negara yang lain,” kata Presiden Jokowi.
 
Presiden juga menjelaskan, bahwa stok infrastruktur kita, menurut laporan yang diterimanya baru mencapai 38%. Jauh kalau dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita.
 
Padahal, Kepala Negara menekankan, infrastruktur juga untuk mempersatukan Indonesia.
 
Ia lantas mengisahkan, pernah terbang dari bandara di Aceh kemudian turun di bandara di Wamena, Papua, yang memakan waktu 9 jam 15 menit.
 
“Betapa negara kita Indonesia bentangan panjangnya, betul-betul sangat panjang dan sangat luas sekali. Itu kalau diukur dari London itu sampai ke Istanbul di Turki, sudah melewati berapa negara. Sangat panjang sekali,”ujar Kepala Negara.
 
Untuk itulah, Kepala Negara menekankan, bahwa infrastuktur juga sangat penting dalam membangun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia mengingatkan, bahwa pembangunan infrastruktur itu adalah layanan dasar untuk rasa keadilan.
 
“Untuk menerangi desa yang selama ini gelap gulita, untuk penyediaan air yang selama ini banyak daerah kekeringan. Itulah pentingnya waduk. Untuk memperlancar arus barang bagi mereka yang selama ini terisolasi, untuk membuka akses bagi mereka yang selama ini tidak terhubung, dan untuk memberikan rasa keadilan terhadap mereka yang selama ini terabaikan,” kata Presiden Jokowi.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : setkab.go.id
- Dilihat 50 Kali
Berita Terkait

0 Comments