Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 12/02/2018 15:22 WIB

Mengintip Warung Nasi Ampera, Usaha Wakaf yang Dikelola Wakafpro Sinergi Foundation

Ampera Berbasis Wakaf 1
Ampera Berbasis Wakaf 1
BANDUNG_DAKTACOM: Selama ini, wakaf mungkin hanya dikenal dan diperuntukkan untuk masjid, sekolah hingga sarana ibadah lainnya. Seiring perjalanan waktu, muncul kembali konsep wakaf produktif yang sebenarnya sudah dijalankan sejak zaman Rasulullah.
 
Wakafpro Sinergi Foundation telah mengembangkan beberapa usaha wakaf seperti gedung perkantoran, bisnis feysen, hingga rumah makan Warung Nasi Ampera di Bandung.
 
Adalah Warung Nasi Ampera, yang menjadi salah satu concern Wakafpro Sinergi Foundation yang melalui kiprah fenomenalnya sejak 2009, berikhtiar membumikan paradigma ‘baru’ tentang dunia wakaf.
 
“Secara fikih, wakaf itu memang harus berkembang. Namun demikian, wakaf produktif masih menjadi barang baru bagi masyarakat. Maka tatkala digulirkan, masih perlu edukasi, bahwa ternyata wakaf dalam bentuk uang itu bisa. Dan wakafnya itu sendiri bisa diproduktifkan dalam pelbagai bidang, salah satunya di bidang bisnis kuliner,” kata deputi CEO Wakafpro Sinergi Foundation, Asep Irawan.
 
Maka, sejak hampir dua tahun berdirinya aset wakaf ini, tepatnya di awal 2016, Asep menyebut capaian yang diraih sangat positif. Terhitung, setiap bulannya, Warung Nasi Ampera mencapai rata-rata omzet sebesar 500-600 juta rupiah perbulan, atau 20 juta setiap harinya.
 
Keuntungan dari wakaf produktif ini, katanya, akan disalurkan pada mauquf alaih. Lain hal dengan zakat yang aturan mustahik dan besaran zakatnya jelas, aturan dalam wakaf jauh lebih luwes dan fleksibel. Hanya tentu, katanya, penerima manfaat akan tetap didominasi oleh kaum pinggiran.
 
“Hasil usaha wakaf digunakan untuk membiayai program sosial seperti layanan kesehatan ibu gratis di Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Taman Wakaf Firdaus Memorial Park, hingga program pendidikan seperti Kuttab Al Fatih gratis di Cileunyi,” pungkasnya.
 
Asep menegaskan, Wakafpro Sinergi Foundation tak berhenti sampai di sana. Ikhtiar menuntaskan agenda-agenda umat itu semakin teguh digiatkan. Sinergi Foundation siap kembali menggelontorkan inovasi-inovasi wakaf, demi kemaslahatan yang lebih luas. Sejumlah rancangan program wakaf sedang disiapkan. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis Sinergi Foundation
- Dilihat 616 Kali
Berita Terkait

0 Comments