Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 09/02/2018 06:45 WIB

Amendemen Regulasi Uang Elektronik Segera Diluncurkan

ilustrasi e money
ilustrasi e money
JAKARTA_DAKTACOM: Bank Indonesia (BI) memastikan bahwa amandemen atau revisi Peraturan Bank Indonesia (PBI) terkait e-money bakal segera keluar dalam waktu dekat ini.
 
Hal tersebut seperti disampaikan Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara kepada Bisnis, usai menjadi Keynote Speaker di Acara Peluncuran Portal Berita Online CNBC Indonesia, di Jakarta, Kamis (8/2).
 
"Intinya iya memang ada amandemen atau revisi PBI e-money (uang elektronik)," ujarnya.
 
Namun demikian, ketika dimintai kejelasan kapan amendemen terbarunya tersebut bakal dirilis, pihaknya belum bersedia memberikan jawaban yang pasti.
 
"Soal kapan waktunya ya, nanti bisa Maret, bisa Februari," ujarnya.
 
Sebelumnya, pada akhir 2017, Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan bahwa BI akan menerbitkan revisi aturan terkait uang elektronik.
 
Revisi peraturan BI (PBI) tersebut dilakukan bertujuan untuk menyelesaikan perizinan uang elektronik yang saat ini sedang diajukan oleh sejumlah perusahaan.
 
"Tahun 2018, BI akan menerbitkan revisi aturan BI terkait uang elektronik, nah jika revisi itu sudah dikeluarkan maka status dari beberapa perusahaan yang mengajukan permohonan bisa difinalkan," ujar Agus.
 
Saat ini yang masih berlaku Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 tanggal 29 Agustus 2016 perihal Perubahan Kedua atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).
 
Sekedar informasi, saat ini terdapat sejumlah uang elektronik berbasis server yang sedang mengajukan izin ke BI, seperti BukaDompet milik Bukalapak, TokoCash milik Tokopedia, ShopeePay milik Shopee, GrabPay milik Grab, dan Paytren.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : bisnis.com
- Dilihat 247 Kali
Berita Terkait

0 Comments