Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 05/02/2018 07:30 WIB

Pemerintah Akan Kembangkan Bandara di Jakarta, Bali, dan Papua

bandara ngurah rai
bandara ngurah rai
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengadakan rapat bersama jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direksi Perum LPPNPI/Airnav Indonesia di JATSC, Bandar Udara (bandara) Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, (3/2), membahas pengembangan bandara di Jakarta, Bali, dan Papua.
 
“Hari ini kami rapat untuk mendengar rencana improvement dari Airnav di tiga lokasi, yaitu Jakarta, Bali, dan Papua. Ini karena tiga lokasi ini adalah lokasi yang penting dengan tingkat kepadatan yang tinggi,” sebut Menhub.
 
Untuk Jakarta, Menhub mengatakan telah banyak hal yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan pergerakan pesawat. Ia menambahkan bahwa salah satu pengembangan yang akan dilakukan yaitu pembangunan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soekarno-Hatta.
 
Harapannya, lanjut Menhub, dengan adanya runway 3 ini akan didapatkan pergerakan pesawat (movement) yang semakin tinggi yakni di atas 100 pergerakan pesawat per jam. Panjang runway 3 rencananya, menurut Menhub, adalah 3.000 meter yang nantinya tidak akan independen, karena jarak dengan runway 2 hanyalah sekitar 550 meter.
 
Soal pembebasan lahannya, Menhub menyebut akan diselesaikan bulan April, sedangkan proses pembangunan sendiri telah dimulai dengan membangun taxi way yang akan menghubungkan runway 3.
 
“Runway 3 itu memang tidak independen dengan jarak dari runway 2 tidak lebih dari 550 meter. Tapi pada saat itu Bandara Soekarno-Hatta akan jauh lebih baik, lebih safety terutama dari segi maintenance. Kalau sekarang maintenance, sambil dipergunakan sehingga dilakukan dengan window time yang pendek. Kalau nanti ada runway 3 begitu ada suatu maintenance dapat dipakai 2 runway sedangkan yang satu di maintenance. Karena Jakarta adalah ibu kota kita harus pastikan proses maintenance itu harus berlangsung dengan baik,” jelas Menhub.
Editor :
Sumber : setkab.go.id
- Dilihat 1060 Kali
Berita Terkait

0 Comments