Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 02/02/2018 10:00 WIB

Mufti Malaysia: Tak Paham Konteks Hadits Salah Satu Penyebab Ghulluw

talkshow Dr Maza
talkshow Dr Maza
BEKASI_DAKTACOM: Maraknya masyarakat yang bersikap berlebihan dalam beragama (ghulluw.red) menurut Mufti Kerajaan Perlis Malaysia Dr. Mohd Asri Zainul Abidin salah satunya disebabkan ketidakpahaman akan bagaimana menempatkan hadits Nabi Muhammad SAW sesuai dengan konteksnya.
 
Pria yang akrab dipangil Dr. Maza ini menjelaskan bahwa sesungguhnya penerapan hukum Islam tidak bisa langsung diaplikasikan tanpa melalui pertimbangan fiqih, apalagi langsung bersandar pada satu dalil yang merupakan masalah khilafiyah.
 
"Jadi memahami konteks sebuah hadits itu memiliki urgensi tersendiri, khususnya dalam persoalan yang menyangkut dengan mu'amalah, pun demikian juga tidak seluruh hadits memerlukan konteks seperti persoalah ushul aqidah," paparnya dalam bincang publik di Radio Dakta, Jum'at (2/2).
 
Rencananya, beliau juga akan menggelar bedah buku berjudul BAHAYA MEMAHAMI HADITS TANPA MELIHAT KONTEKS yang akan digelar di Masjid Jenderal Sudirman WTC Jakarta bersama Ust. Ahmad Okbah pada Sabtu (3/2) besok.
 
Buku ini merupakan Thesis Dr. Maza yang membuatnya berhasil meraih gelar Ph.D di Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia dengan judul asli Sabab Wurud al-Hadith: Asbabuh wa Adawatuh.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1270 Kali
Berita Terkait

0 Comments