Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 30/01/2018 06:15 WIB

Bank Ramai-ramai Masuk Pembayaran QR code

qr code
qr code
JAKARTA_DAKTACOM: Era sistem pembayaran kini telah masuk ke babak baru. Disebut-sebut sistem pembayaran dengan menggunakan Quick Response (QR) code bakal menjadi tren ke depan.
 
Salah satunya tentu didorong dari kemudahan, keamanan dan efektifitas dalam implementasi teknologi. Direktur Konsumer Bank Negara Indonesia (BNI) Anggoro Eko Cahyo yang mengatakan, kelak QR code akan mengganti peran electronic data capture (EDC).
 
Pembayaran lewat QR code pun, kata Anggoro, dapat memakai tiga sumber dana sebagai alat pembayaran, yakni kartu kredit, rekening tabungan dan dompet elektronik BNI (UnikQu).
 
Sistem pembayaran QR code BNI sendiri akan terkoneksi dengan aplikasi yap!. BNI kini sudah menggandeng tak kurang dari 3.000 merchant yang dapat menerima pembayaran QR code.
 
Dalam setahun pertama, BNI menargetkan bisa menggandeng 100.000 merchant dan pengguna. "Kami mendorong nasabah pakai aplikasi ini, sebagai alternatif tambahan agar tidak perlu transaksi menggunakan kartu (cardless)," ujar Anggoro.
 
Tak mau kalah, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Mandiri juga akan memiliki layanan pembayaran QR code yang serupa dengan BNI. "Beberapa waktu lalu, BTN sudah melakukan ujicoba pembayaran berbasis QR code. Secara teknis kami sudah siap, kami sedang mengurus izinnya," kata Direktur Jaringan dan Distribusi BTN Budi Satria.
 
Sementara, SEVP Ritel & Transaction Banking Bank Mandiri Thomas Wahyudi menyebutkan pihaknya tengah mengurus perizinan ke Bank Indonesia serta persiapan pilot project.
 
Bank Mandiri menargetkan produk berbasis QR code ini sudah dapat diluncurkan pada kuartal II 2018. "QR Payment ini akan jadi alternatif metode pembayaran buat nasabah dan customer, tentunya memberikan kenyamanan," imbuh Thomas.
 
Bank swasta seperti Bank Central Asia (BCA) lebih dulu masuk pembayaran berbasis QR code. Direktur BCA Santoso Liem menuturkan, BCA lewat produk tabungan tanpa kartu yakni Sakuku sudah menerapkan QR code dalam transaksinya.
 
Santoso menambahkan, BCA masih menantikan standar nasional untuk QR Payment dari BI agar terjadi kesamaan persepsi.
Editor :
Sumber : kontan.co.id
- Dilihat 1540 Kali
Berita Terkait

0 Comments