Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 23/01/2018 06:30 WIB

Siapkan Tenaga Kerja Bagi Industri, BBPLK Bekasi Gelar Pelatihan

Ilustrasi Pekerja Pabrik 1
Ilustrasi Pekerja Pabrik 1
BEKASI_DAKTACOM: Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi mulai menggelar program Competency Based Training (CBT) atau Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018 yang diikuti 576 peserta yang berasal dari berbagai daerah.
 
Kepala BBPLK Bekasi Helmiati Basri mengatakan pelatihan kerja ini merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran.
 
“Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia,” kata Kepala BBPLK Bekasi Helmiati Basri saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I Tahun 2018 di BBPLK, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1).
 
Pembukaan PBK ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Helmiati Basri secara simbolis kepada empat peserta PBK yang berasal dari empat kejuruan yaitu bidang elektronika, teknologi informasi dan Komunikasi (TIK), refrigeration (mesin pendingin), serta pariwisata.
 
Dalam arahannya di depan 576 peserta progran PBK, Helmiati mengatakan program ini dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan pelatihan kerja kepada warga masyarakat yang memerlukan keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.
 
Menurut Helmiati, pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat perubahan itu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat.
 
Sementara di sisi lain, disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas Asean atau bahkan Asia dan juga memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi permasalahan sekaligus tantangan tersendiri yang harus dihadapi bersama.
 
"Kita optimis bahwa dengan mendapatkan pelatihan ini, para peserta nantinya akan dapat sukses dan memiliki skill untuk menjadi calon tenaga kerja terampil dan lebih dapat diterima oleh dunia industri, " ujarnya.
 
Helmiati menambahkan untuk membekali kalian peserta PBK, pihaknya menerapkan tidak hanya dari sisi kemampuan teknis semata (hard skill), tapi juga akan dibekali wawasan industri, etika dan motivasi atau softskill berupa kemampuan interpersonal.
Editor :
Sumber : bisnis.com
- Dilihat 1345 Kali
Berita Terkait

0 Comments