Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/05/2015 07:31 WIB

Amerika Tak Berbuat Apapun Untuk Menyelamatkan Ramadi

ISIS Kuasai kota Ramadi Irak
ISIS Kuasai kota Ramadi Irak

 

TEHERAN_DAKTACOM:Amerika Serikat tidak melakukan apa pun untuk membantu tentara Irak memerangi milisi garis keras di Ramadi, kata jenderal utama Iran, yang terlibat dalam perang melawan kelompok NIIS/ISIS.

 

Qassem Suleimani, komandan gerakan luar negeri Pengawal Revolusi, mengecam Washington sesudah kepala Pentagon, Ashton Carter, mengatakan, pasukan Irak tidak mau bertempur di Ramadi, yang direbut NIIS/ISIS.

 

"Pak (Barack) Obama, berapa jarak Ramadi dengan pangkalan Al-Asad, tempat pesawat AS dikerahkan?" kata Suleimani dalam pidato Minggu malam, di propinsi selatan, Kerman, seperti dikutip kantor berita IRNA.

 

"Bagaimana Anda berada di negara itu dengan dalih melindungi rakyat Irak dan tidak melakukan apa-apa? Itu tidak lebih dari menjadi kaki tangan dalam komplotan," kata Suleimani.

 

Iran memiliki penasihat tentara di Irak dan Suriah serta memberikan dukungan keuangan dan ketentaraan kepada pemerintah kedua negara itu dalam bertempur melawan pegaris keras.

 

Menurut media Iran, Suleimani bergiat di Irak, khususnya pada akhir Maret ketika milisi dukungan Iran membantu untuk merebut kembali kota Tikrit.

 

Ramadi, sekitar 100 kilometer barat Bagdad, direbut IS pada 17 Mei meskipun terjadi serangan udara Amerika Serikat dan kehadiran ratusan penasihat tentara negara adidaya itu di pangkalan udara Al-Asad di propinsi sama.

 

Dalam pidatonya pada Minggu, Carter menyatakan serangan udara pimpinan Amerika Serikat terhadap IS, yang menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah, masih berlangsung.

 

Editor :
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 1106 Kali
Berita Terkait

0 Comments