Nasional / Otomotif /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 20/01/2018 11:54 WIB

Aus atau Tidak, Ban Sebaiknya Ganti 5 Tahun Sekali

Ilustrasi ban mobil
Ilustrasi ban mobil

JAKARTA_DAKTACOM: Semua komponen dalam mobil punya peran penting masing-masing. Namun yang langsung bersentuhan dengan jalan hanya ban, untuk itu harus ada perhatian khusus untuk ban. Setidaknya lima tahun sekali ban diganti.

Seperti yang disampaikan Marketing Manager PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono, ketika sudah lima tahun digunakan baik sudah aus atau belum sebaiknya ban diganti. "Jarak tempuh ban semenjak dipakai hanya lima tahun, habis enggak habis lima tahun ganti. karena pastinya setelah itu bahaya," ujarnya di Jakarta.

Karena jika tidak diganti setelah jangka waktu tersebut kata Tejo, habis atau tidak ban tersebut akan mengalami perubahan struktur, yang membuat ban bekerja tidak maksimal.

"Komponen karet dari ban setelah dipakai itu mengalami perubahan, jadi memang tidak maksimal lagi, secara performa dan kualitas dari karetnya karena sudah dipakai," tuturnya.

Hal tersebut lanjut Tejo mengatakan, berlaku untuk mobil yang sering dipakai maupun yang jarang digunakan, serta berlaku juga untuk semua jenis mobil. "Karena itu menyangkut dengan karet bannya sendiri. Karena kan dia sudah dipakai sudah diisi angin sudah tertimpa beban si mobilnya itu sendiri, jadi mau tidak mau mempengaruhi kualitas dari karetnya," paparnya.

Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikOto
- Dilihat 15629 Kali
Berita Terkait

0 Comments