Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 20/01/2018 11:45 WIB

Jaga Kesehatan Anda di Musim Hujan dengan 4 Tips ini

ilustrasi hujan
ilustrasi hujan

BEKASI_DAKTACOM: Berikut 4 tips untuk Anda dalam menjaga kesehatan di Musim Hujan seperti sekarang ini, silahkan pahami dan terapkan! Inilah 4 diantaranya :

• Menjaga Pola Makan
Menjaga pola makan terutama sarapan yang dilakukan pada pagi hari hingga jam 9 pagi, hal ini untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda yaitu sekitar 15-30%.

• Melakukan Olahraga
Saat musim hujan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh penting untuk dijaga karena untuk menangkal berbagai serangan penyakit. Latihan fisik selama 30 menit dapat mengaktifkan sel darah putih, oleh sebab itu melakukan olahraga merupakan cara yang sedarhana agar tidak mudah sakit.

• Jagalah kualitas tidur
Kualitas tidur ditentukan pula dengan lama waktu tidur. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10-13 jam sehari, remaja (14-17 tahun) 8-10 jam sehari, dan dewasa (26-64 tahun) 7-9 jam.

• Mengelola stress
Ketika musim hujan, biasanya macet akan lebih panjang dan stres pun rentan terjadi. Mengelola stres akan membantu menjaga kestabilan tubuh.

Saat musim hujan seperti sekarang ini pasti banyak keluhan soal sakit.

Stamina tubuh yang turun merupakan salah satu penyebab selain kelembaban udara yang membuat berkembangnya mikroorganisme penyakit.

Selain itu hujan juga membuat banyaknya genangan air, hawa dingin, serta sering melakukan kontak dan berkumpul di dalam ruangan dengan orang atau benda yang terkontaminasi virus membuat banyak orang tertular penyakit tertentu di musim hujan.

Penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan seperti sekarang ini yaitu diare, leptospirosis, dan penyakit kulit. Oleh karena itu, tetap waspada apabila terjadi hujan lebat berkepanjangan. Selalu jaga kesehatan diri dan keluarga serta menjaga kebersihan lingkungan.

Itulah informasi yang penting untuk Anda ketahui dan Anda terapkan di kehidupan Anda, agar Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Kumparan
- Dilihat 587 Kali
Berita Terkait

0 Comments