Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 17/01/2018 11:14 WIB

Raih Adipura Bermartabat, Dinas LH Genjot Pendirian Bank Sampah di Tiap RW

jumhana luthfi
jumhana luthfi
BEKASI_DAKTACOM: Dalam Diskusi mengenal lebih dekat dengan Dinas Lingkungan Hidup yang di gelar di Gazebo Hutan Kota Bekasi terungkap hingga saat ini Pemerintah Kota Bekasi masih berjuang mendapatkan piala Adipura yang bermartabat tahun 2018.
 
"Kita membutuhkan masukan untuk diserap agar dapat membangun lebih baik lagi maka harus sering dilakukan diskusi agar adanya masukan yang lebih baik, strategi dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Bekasi," ungkap Jumhana Lutfi selaku Kadis LH dalam diskusi yang di gelar Forum Jurnalis Bekasi (FORJAS)  di Hutan Kota Bekasi (16/1).
 
Menurut Jumhana Lutfi, target Adipura sudah masuk dalam visinya di Renja 2017, karena itu sejak 2017 Adipura digenjot keliling hingga ke RW dengan bentuk bank sampah. 
 
"Indiakasinya adanya kenaikan jumlah bank sampah awalnya 30 menjadi 1035 bank sampah yang terbentuk di Kota Bekasi," katanya.
 
Strategi Adipura 2017 yang sudah di lakukan Dinas lingkungan Hidu diantaranya mendorong agar gerakan peduli lingkungan tumbuh di Kota Bekasi seperti Forbakti, Relawan Adipura Bermartabat, BPKRI dan Clean Bekasi.
 
Kemampuan infrastruktur kebersihan terbatas dengan jumlah sampah yang dihasilkan warga setiap harinya sebanyak 1700 ton sampah per hari, sedangkan yang dapat dilayani dari hulu sampai hilir hanya 600 ton di TPA Sumur Batu. 
 
"Itu juga dengan agak dipaksa, karena pengolahan sampah di TPA Sumur Batu masih konvensional. 1100 ton masih tertinggal di wilayah masyarakat Kota Bekasi, maka harus diolah dengan membangun Bank Sampah," ungkapnya.
 
Masyarakat harus mengolah sampah di bank sampah yang ada di tingkat RW, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Gerakan Peduli Lingkungan. Jika seluruh RW sampahnya diolah maka beban TPS akan lebih berkurang. 
 
Unit reaksi cepat per Kecamatan satu mobil untuk menyisir sampah  di lingkungan yang belum ada tempat sampah.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1705 Kali
Berita Terkait

0 Comments