Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/01/2018 16:00 WIB

Hidupkan Kearifan Lokal, Desa Srijaya Siapkan 15 Tempayan

Tempayan Desa Srijaya Tambun
Tempayan Desa Srijaya Tambun
CIKARANG_DAKTACOM: Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi membangun 15 titik Tempayan Desa untuk mengangkat kembali budaya dan kearifan lokal.
 
Tempayan desa didesain berbentuk kotak tinggi dan berwarna biru, setinggi dispenser beserta galon air mineral. Bagian atas terdapat pintu yang bisa dibuka untuk mengganti galon jika habis. Di bagian pintu terdapat gambar tempayan tradisional.
 
Di bagian bawah terdapat corong dispenser untuk mengeluarkan air. Ada 2, tetapi fungsi panas-dingin sengaja dinonaktifkan. Di bagian paling bawah terdapat pintu kecil bertuliskan "ini punya kita, jaga bareng-bareng".
 
Kemudian di sisi kanan dan kiri ada tempat meletakkan gelas. Di sebelah kiri kotak tempayan desa modern terdapat bangku dan pada bagian atas dilengkapi oleh kanopi.
 
Kepala Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara Drahim Sada mengatakan tempayan itu dulu seringkali ditempatkan di depan rumah warga desa srijaya, hal ini untuk memberi minum bagi orang yang lewat, namun seiring waktu berjalan, tempayan tidak lagi ada, oleh sebab itu dengan adanya tempayan desa maka pihaknya menghidupkan kembali budaya dan kearifan lokal.
 
Ia berencana akan membuat 10 sampai 15 titik tempayan desa yang akan diletakkan di fasilitas umum, perempatan, sekolah bahkan di tempat pemakaman umum (TPU).
 
Drahim menambahkan, mengecek stok air, desa akan meberdayakan petugas air isi ulang. Nanti petugas tersebut akan mengganti galon jika habis dan membersihkan tempayan desa.
 
Ia berharap warga Desa Srijaya dapat menjaga tempayan desa karena hal itu milik bersama dan juga program tersebut dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1503 Kali
Berita Terkait

0 Comments