Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/01/2018 09:45 WIB

Geopark Ciletuh Resmi Memenuhi Kriteria Sebagai Taman Bumi Dunia

Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh
BANDUNG_DAKTACOM: Geopark Ciletuh Palabuhanratu, resmi ditetapkan memenuhi kriteria sebagai Taman Bumi Dunia (Global Geopark), penetapan akan dilakukan dalam sidang Executive Board pada tanggal 4-17 April 2018. 
 
Pencapaian tersebut tidak lepas dari pihak-pihak yang terlibat aktif dari sejak awal pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu seperti  Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah  Kabupaten Sukabumi, Bio Farma, Universitas Padjadjaran, Masyarakat dan Komunitas Lokal di kawasan Geopark.
 
Dari release PT Bio Farma, terkait penetapan tersebut, pada 3 Januari 2018, Bio Farma telah menerima apresiasi dalam bentuk surat resmi dari Global Geopark Network (GGN) yang ditanda tangani oleh Guy Martini selaku Sekjen GGN yang berkantor pusat di Paris.
 
Guy menyatakan “Saya menyampaikan apresiasi kepada Bio Farma atas dukungannya pada UNESCO Global Geopark Project di Indonesia, ide mengenai kerjasama sektor swasta dengan masyarakat sekitar, melalui pemberdayaan dan pengembangan kawasan Geopark tersebut sangat penting”.
 
Guy menambahkan “Bentuk kerjasama antara Bio Farma dengan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu dapat dijadikan sebagai percontohan, bagaimana sektor swasta terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan Geopark yang sehat di Indonesia”.
 
R.Herry, selaku Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan dan Sosial Bio Farma,  yang beberapa tahun terakhir telah diberikan tugas oleh Bio Farma untuk terlibat dalam berbagai program CSR dan  pengembangan masyarakat di Geopark Ciletuh Palabuhanratu menyatakan menyambut positif dan bangga dengan keputusan yang menyatakan Geopark Ciletuh Palabuhanratu memenuhi kriteria sebagai Taman Bumi Dunia (Global Geopark) oleh UNESCO.
 
“Apa yang telah dilakukan Bio Farma antara lain, dalam pemberdayaan masyarakat lokal, kami mensubstitusi pekerjaan penambang ilegal yang kemudian berkecimpung dan berprofesi dalam bidang Geo Wisata,” ujarnya.
 
“Selain itu melakukan pengembangan lingkungan di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, seperti pengembangan Geo Wisata, pengembangan desa binaan, pengembangan home stay,” tambahnya.
Editor :
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 1903 Kali
Berita Terkait

0 Comments