Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 06/01/2018 09:08 WIB

H-2 Pendaftaran, Ini Daftar Cagub-Cawagub di Pilkada 2018

Ilustrasi Pilkada
Ilustrasi Pilkada

JAKARTA_DAKTACOM: Masa pendaftaran untuk Pilkada Serentak 2018 tinggal dua hari lagi. Nama-nama cagub/cawagub sudah disiapkan untuk maju pilgub.

Tahun ini, ada 17 provinsi yang menggelar pilgub. Setiap provinsi sudah memiliki jagoan masing-masing.

Pendaftaran bagi cagub/cawagub akan dibuka pada 8-10 Januari 2018. Tentunya, masih ada waktu hingga menit terakhir pendaftaran bagi cagub/cawagub yang ingin maju.

Berikut cagub/cawagub untuk Pilkada Serentak 2018 hingga H-2 pendaftaran:

- Jawa Barat
Tiga nama cagub/cawagub hampir pasti maju ke Pilgub Jabar. Mereka adalah Sudrajat-Ahmad Syaikhu (diusung PKS, PAN, Gerindra), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Partai Demokrat dan Golkar), dan Ridwan Kamil, yang belum memiliki pasangan (NasDem, PPP, PKB, dan Hanura). PDIP juga sudah mengusung Ridwan Kamil di Jabar.

- Jawa Tengah
Sudirman Said dipastikan maju ke Pilgub Jateng (diusung PKS, PAN, Gerindra). Nama cawagub untuk Sudirman kemungkinan besar salah satu di antara putra KH Maimun Zubair, Gus Kamil dan Gus Yasin. Sementara itu, PDIP, yang merupakan 'tuan rumah' di Jateng, akan mengumumkan jagoannya pada 7 Januari.

- Jawa Timur
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sudah mendapatkan tiket dengan diusung Golkar, NasDem, dan Partai Demokrat. Sementara itu, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sudah diusung PDIP-PKB dan nama cawagub belum bisa dipastikan seiring dengan kabar mundurnya Abdullah Azwar Anas.

- Sulawesi Selatan
Tiga cagub/cawagub bakal berlaga di Sulsel. Mereka adalah Nurdin Halid-Qahhar Mudzakkar, Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar. Ketiganya bakal mendaftar ke KPUD Sulsel pada 8-9 Januari.

- Sulawesi Tenggara
Pasangan Asrun dan Hugua sudah mendapatkan dukungan dari PDIP maju Pilgub Sultra. Sementara itu, komisioner Ombudsman Laode Ida masih berkomunikasi intens terkait pilgub.

- Bali
Dua pasang cagub/cawagub akan bertarung di Pulau Dewata. Mereka adalah Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sikawati dan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta.

- Sumatera Utara
Pilgub Sumut diprediksi berjalan head to head. Dua cagub yang bakal maju Pilgub Sumut adalah Letjen Edy Rahmayadi (diusung PKS, PAN, Gerindra, NasDem, dan Golkar) versus Djarot Saiful Hidayat, yang baru mendapat dukungan dari PDIP.

- Sumatera Selatan
Herman Deru-Mawardi Yahya memastikan mendapat tiket Pilgub Sumsel dengan diusung Hanura, PAN, dan NasDem. Sementara itu, pasangan Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas berpeluang maju ke Pilgub Sumsel.

- Riau
Pasangan Syamsuar-Brigjen TNI Edy Nasution mendapat tiket maju pilgub. Mereka diusung NasDem-PKS-PAN. Lukman Edy juga berpeluang maju Pilgub Riau (sejauh ini diusung PKB).

- Lampung
Herman Hasanusi dan Sutono mendapatkan dukungan dari PDIP maju Pilgub Lampung. Di seberang sana, juga ada Arinal Djunaidi yang diusung PKB-PAN.

- Maluku
Murad Ismail-Barnabas N Orno diusung oleh PDIP, PKB, dan NasDem.

- Maluku Utara
Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar mendapatkan dukungan dari PPP-Golkar. Sementara itu, Abdul Ghani Kasuba-Yasin Ali diusung PDIP.

- Papua
Lukas Enembe-Klemen Timal hampir pasti maju Pilgub Papua setelah diusung Partai Demokrat, Golkar, NasDem, Hanura, PAN, PKB, PKS, PKP, PPP, dan PBB. Sedangkan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae baru mendapat dukungan dari PDIP.

- NTT
Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman akan maju ke Pilgub NTT setelah diusung Partai Demokrat, PKS, PAN, dan Gerindra. Benny diprediksi bertarung dengan Viktor Laiskodat yang diusung NasDem-Golkar.

- NTB
Untuk NTB, pasangan Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi mendapatkan tiket setelah diusung Partai Demokrat-PKS-PAN-Gerindra. Di lain pihak, ada Tuan Guru Haji Ahyar Abduh-Mori Hanafi yang baru diusung PDIP.

- Kalimantan Timur
Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin menyatakan akan maju ke Pilgub Kaltim.

- Kalimantan Barat
Karolin Margareth diprediksi akan maju Pilgub Kalbar dengan diusung PKB.
(dkp/dkp)

Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikNews
- Dilihat 157 Kali
Berita Terkait

0 Comments