Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 06/01/2018 08:31 WIB

Polres Metro Bekasi Prediksi Kenaikan Kasus Cyber Crime

Ilustrasi kriminal siber
Ilustrasi kriminal siber

BEKASI_DAKTACOM: Polres Metro Bekasi memprediksi akan terjadi kenaikan kasus ujaran kebencian (hate speech) pada tahun 2018 karena dilangsungkannya pemilihan kepala daerah Jawa Barat.

Kasus kriminal siber (cyber crime) di Kabupaten Bekasi meningkat pada 2017, dari 3 kasus pada 2016 menjadi 6 kasus yang didominasi ujaran kebencian (hate speech) dan penipuan.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Chandra Sukma Kumara mengatakan kasus kriminalitas di dunia siber didominasi oleh ujaran kebencian di media sosial serta penipuan online.

Di tahun 2018, diprediksi angkanya akan bertambah karena merupakan tahun politik dimana ada pemilihan kepala desa dan pemilihan gubernur Jawa Barat.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya akan memberikan sosialisasi terhadap para calon agar pendukung tidak melakukan ujaran kebencian maupun kampanye hitam.

Chandra menambahkan, dalam mengawasi ujaran kebencian saat Pilkada, pihaknya mengencarkan patroli siber, jika diketemukan salah satu akun yang melakukannya maka akunnya akan ditutup bahkan pelakunya bisa dijerat Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 237 Kali
Berita Terkait

0 Comments