Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 03/01/2018 09:30 WIB

Sandi Sedih Ratusan Orang Sulit Menikah karena Terkendala Biaya

anies dan sandiaga
anies dan sandiaga
JAKARTA_DAKTACOM: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersyukur gelaran nikah massal pada malam pergantian tahun baru 2018 berjalan lancar. Namun dia mengaku sedih karena ratusan pasangan gagal menikah terkendala urusan biaya.
 
"Alhamdulillah positif, cuma ya sedih saja ternyata ada seratusan pasangan yang tidak jadi menikah karena terkendala administrasi," ujar Sandi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1).
 
Usai menggelar nikah massal itu, dia baru menyadari masih banyak warga Jakarta yang tak mampu menyelenggarakan pernikahan. Ketidakmampuan ini, kata Sandi, mayoritas karena terhalang urusan pembiayaan.
 
"Ya, saya jadi tahu ternyata memang banyak yang tak bisa menikah karena itu, terkendala biaya," kata dia.
 
 
Acara nikah massal itu diikuti 437 pasangan dari seluruh kelurahan yang ada di Jakarta. Meski demikian, tidak semua peserta nikah massal itu pasangan muda-mudi yang belum terikat pernikahan.
 
Menurut Sandi, tak sedikit di antara mereka justru telah menikah dan tinggal bersama selama puluhan tahun. Namun mereka tak tercatat di Pengadilan Agama. 
 
"Jadi mereka nikah siri, di bawah tangan gitu. Kan kasihan, susah kalau mau urus-urus administrasi anak-anaknya," kata Sandi.
 
Sandi mengklaim, pelaksanaan nikah massal tersebut bukan hanya membantu setiap pasangan mengikat janji suci di depan penghulu. Acara itu juga membantu menyelesaikan urusan administrasi pasangan yang sudah menikah namun tak terdaftar secara hukum.
 
"Jadi dengan adanya nikah massal ini, membantu mereka dicatatkan secara administratif statusnya secara kenegaraan," ujar Sandi. 
 
Saat acara nikah massal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan terus menggelar kegiatan tersebut setiap menjelang tahun baru. Menurutnya, nikah massal digelar untuk menepati janji kampanye Anies-Sandi.
 
"Insya Allah tahun depan lagi, kami akan terus melaksanakan acara pernikahan massal ini," kata Anies.
Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 1220 Kali
Berita Terkait

0 Comments