Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 29/12/2017 06:30 WIB

Baznas Gandeng Lotte Grosir Bantu Modal Usaha Warga Tak Mampu

Z mart
Z mart
BANDAR LAMPUNG_DAKTACOM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan pengelola pusat perkulakan, Lotte Grosir, mulai mengembangkan jaringan ritel Z-Mart di wilayah Provinsi Lampung, Kamis siang ini (28/12).
 
Pengembangan jaringan ritel Z-Mart di Lampung merupakan program kerja sama Baznas dan Lotte Groser bertajuk “Sedekah Bikin Untung” untuk menghimpunan donasi dari pelanggan di 28 lokasi gerai Lotte Grosir se Indonesia.
 
Direktur Pendistribusian Baznas, Moch. Nasir Tajang, mengatakan program Sedekah Bikin Untung merupakan salah satu partisipasi masyarakat melalui Baznas dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.
 
“Sebagaimana zakat yang wajib ditunaikan kaum muslim, maka infak dengan cara kreatif seperti ini pun sangat bermanfaat bagi mustahik, yakni pihak yang berhak menerima zakat, infak dan sedekah,” katanya, Kamis (28/12)
 
Menurutnya, melalui program tersebut diharapkan akan semakin banyak orang yang berdonasi dan semakin banyak orang yang terbantu sehingga dapat keluar dari garis kemiskinan.
 
Dia menjelaskan selama ini Baznas memiliki program ekonomi untuk mustahik, salah satunya melalui program terpadu  Zakat Community Development (ZCD), dengan mayoritas program pemberdayaan berupa upaya peningkatan ekonomi mustahik.
 
Pemberdayaan dana zakat, infak dan sedekah itu, lanjutnya, dilakukan berdasar potensi alam dan masyarakat setempat sehingga dapat dirasakan manfaat sebesar-besarnya.
 
Sementara itu Presiden Direktur Lotte Grosir, Joseph Buntaran, mengatakan program donasi pelanggan Sedekah Bikin Untung  merupakan kegiatan penggalangan dana dari pelanggan gerai Lotte Grosir melalui kasir.
 
“Para pelanggan dapat berdonasi dengan cara mendonasikan sisa kembalian belanja atau pun menambahkan nominal donasi khusus,” katanya..
 
Dia menjelaskan dana yang terhimpun selama kurang lebih 4 bulan pertama telah disalurkan oleh Lotte Grosir melalui Baznas dalam bentuk program Z-Mart yakni bantuan berupa pemberian rombong dan modal usaha serta pendampingan usaha bagi orang yang kurang mampu.
 
“Penerima manfaat yang telah mendapatkan bantuan usaha tersebar di Cirebon, Medan, dan Lampung,” ujarnya.
Editor :
Sumber : bisnis.com
- Dilihat 1043 Kali
Berita Terkait

0 Comments