Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/12/2017 06:30 WIB

IDM Duga Ada Permainan Tender Pembangunan Jalan di Papua

pembangunan tol soroja
pembangunan tol soroja
JAKARTA_DAKTACOM: Indonesia Development Monitoring mencurigai ada ketidakberesan dalam proses tender pembangunan jalan nasional Oxibil-Towe Hitam di Provinsi Papua tepatnya Kabupaten Oxibil.
 
"KPK dan Kejaksaan harus lebih fokus mengawasi tender-tender proyek pembangunan yang dilakukan kementerian PUPR sebab banyak yang tidak beres dalam proses tendernya," ungkap Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel dalam siaran persnya pada Selasa (19/12).
 
Fahmi memaparkan dalam tender proyek itu justru harga penawaran yang lebih rendah yang ditawarkan PT Graha Prasarana Sentosa dikalahkan oleh salah satu BUMN karya yaitu PT Wijaya Karya tbk yang menawarkan harga jauh lebih tinggi.
 
Dalam tender proyek tersebut, PT Graha Prasarana Sentosa menawarkan harga sebesar Rp104 milyar, sedangkan PT Wijaya Karya Rp108,5 milyar dimana nilai proyek tersebut dengan pagu angggran sebesar Rp129,9 milyar.
 
"Maka dari itu, kami menduga ada oknum yang bermain di Kementerian PUPR dalam proses tender jalan tersebut. Perbedaan 4,5 milyar tentu bukan nilai yang sedikit," imbuhnya.
 
Fahmi mendesak agar Menteri PUPR segera mencopot Kepala Balai Besar pelaksana jalan nasional 18 yang tidak disiplin dalam melakukan efisiensi pengunaan dana proyek infrastruktur yang dibiayai oleh APBN.
 
"Inilah akhirnya yang menyebabkan proyek proyek infrastruktur pemerintah banyak yang bocor akibat tidak efisien dan banyak praktek pencaloan dalam proses tendernya," tutupnya.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 665 Kali
Berita Terkait

0 Comments