Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/12/2017 11:45 WIB

Iluni UI Minta Pemerintah Produksi Vaksin

Ilustrasi penggunaan vaksin bagi anak
Ilustrasi penggunaan vaksin bagi anak
JAKARTA_DAKTACOM: Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), meminta pemerintah untuk segera mendorong badan-badan usaha milik negara (BUMN) dan daerah (BUMD),  memproduksi berbagai serum vaksin termasuk serum anti  Difteri.
 
Selama ini serum dan vaksin yang digunakan untuk vaksinasi lebih banyak import dari berbagai negara, yang ke halalannya masih diragukan. Selain itu, jika kita masih mengandalkan import, ini sangat membahayakan kesehatan masyarakat dan ketahanan bangsa. 
 
“Salah satu penyebab munculnya penyakit difteri adalah belum tuntasnya status halal program imunisasi.  Pemerintah  perlu memastikan kepada industri farmasi agar melakukan sertifikasi halal produk serun dan  vaksin," papar Ketua ILUNI UI yang membidangi masalah kesehatan masyarakat, Dr drg Wahyu Sulistiadi Mars, Senin (18/12).
 
"Solusi lainnya yang tidak kalah pentingn adalah mengalokasi dana yang lebih besar untuk kesehatan masyarakat. Sudah saatnya sektor kesehatan masyarakat diberikan anggaran yang memadai untuk menginvestasi manusia sehat Indonesia dengan  mencegah penyakit,” tambahnya. 
 
Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI ini menilai,  penyebab lain semakin meluasnya wabah difteri ini adalah karena masyarakat juga panik menghadapi penyakit ini. 
 
Lebih lanjut, Wahyu Sulistiadi menyebutkan, penyakit infeksi yang dikomandoi   bakteri Corynebacterium Diptheriae  atau biasa dikenal dengan penyakit Dipteri   bisa menyebabkan kematian pada umat manusia yang mengidapnya.
 
Penyakit  ini  bisa menjadi bio teroris yang  lebih dahsyat dari teroris yang selama ini dikenal.  Bio teroris  ini siap menyerang kapan saja, terutama ketika kondisi lengah.
 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 303 Kali
Berita Terkait

0 Comments