Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/12/2017 09:15 WIB

SKKNI Bidang Radio Untuk Tingkatkan Daya Saing

Konvensi SKKNI Bidang Siaran Radio
Konvensi SKKNI Bidang Siaran Radio
JAKARTA_DAKTACOM: Praktisi penyiaran radio dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan profesinya menyongsong era media penyiaran digital.
 
Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan  Litbang SDM Kominfo, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskadar, MA saat membuka Konvensi Penyusunan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Penyiaran Radio di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Senin (18/12)
 
Menurutnya, SKKNI adalah suatu konsep untuk melakukan pengujian bagi peningkatan SDM penyiaran bagi dunia industri dan pendidikan.
 
"Perlu kebersamaan untuk membangun kompetensi di era persaingan global, terlebih dibidang industri media penyiaran, " jelasnya.
 
Sedangkan Kapusbang Litprof SDM Komunikasi, Kominfo, Prof Dr Gati Gayatri, MA menambahkan setelah adanya SKKNI maka langkah selajutnya adalah perlu adanya institusi penyelenggara pengujian dan sertifikasi.
 
"Harus ada institusi yang merumuskan paket program sertifikasi sesuai dengan kualifikasi dan level ocupation," imbuhnya.
 
Ketua Bidang Diklitbang SDM PP PRSSNI, Drs. Chandra Novriadi, MM berharap dengan adanya SKKNI Bidang Penyiaran Radio ini bisa meningkatkan kualitas sumber daya penyiaran yag pada akhirnya dapat mendorong daya saing industri radio.
 
"Kami sangat mengapresiasi adanyan SKKNI bidang penyiar, program dan produksi dan sub bidang keteknikan yang menjadi tonggak sejarah radio di tanah air," ungkapnya.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 208 Kali
Berita Terkait

0 Comments