Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/12/2017 07:30 WIB

DTKB Dorong Angkutan Umum Berbasis Rel

FGD DTKB
FGD DTKB
BEKASI_DAKTACOM: Permasalahan kemacetan yang menjadi problem utama perkotaan bisa diatasi dengan mengembangkan angkutan umum massal berbasis rel.
 
Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) Tedy Murtedjo dalam Focus Group Discussion (FGD) Menuju Transportasi Kota Bekasi yang berkelanjutan, yand digelar oleh Dinas Perhubungan Kota Bekasi di Plaza Summarecon, Kamis (14/12).
 
Menurutnya, pola angkutan perkotaan yang ada sekarang ini dengan armada sebanyak 3.500 unit untuk melayani 35 trayek berdampak pada kemacetan.
 
"Sistem angkutan kota Bekasi untuk masa depan akan lebih baik jika berbasis rel," jelasnya.
 
Tedy menambahkan Kota Bekasi perlu menerapkan kebijakan transportation demand management (TDM).
 
Konsep ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi dengan membebani biaya perjalanan yang lebih besar, pembatasan lalu lintas, pembatasan parkir dengan regulasi.
 
"Selain itu perlu mengembangkan sistem angkutan umum dengan biaya terjangkau dan pelayanan yang prima sehingga menarik pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum," kata dia.
 
Ketua DTKB Harun Al Rasyid menjelaskan, pihaknya sedang menyiapkan grand design transportasi Kota Bekasi yang nantinya bisa menjadi panduan bagi semua pihak dalam pembangunan dan pengembangam transportasi yang lebih modern dan terpadu.
 
"Karenanya dalam forum ini kami menghadirkan BPTJ, pemerintah daerah, pengembang dan operator angkutan," terangnya.
 
Hadir dalam acara tersebut diantaranya Direktur Perencanaan BPTJ Sigit Irfansyah dan Sekdishub Kota Bekasi Deded Kusmayadi.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1207 Kali
Berita Terkait

0 Comments