Parlemen / DPR RI /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/12/2017 11:00 WIB

Komisi X: Waspadai Kenaikan Harga Pangan Jelang Akhir Tahun

Ilustrasi Pasar Tradisional
Ilustrasi Pasar Tradisional
JAKARTA_DAKTACOM: Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta pemerintah untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan jelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. 
 
Pasalnya, pada momentum Natal dan tahun baru, akan ada peningkatan permintaan kebutuhan bahan pokok yang akan memicu kenaikan harga pangan, ataupun kelangkaan beberapa komoditi pangan baik karena stok yang kurang maupun ulah spekulan.
 
“Permintaan yang tinggi akan memicu kenaikan harga, jika tidak diawasi akan memancing ulah spekulan untuk mencari keuntungan besar, menimbun barang agar langka dan menarik untung yang besar menyusahkan konsumen. Pemerintah dan kepolisian harus waspada dalam hal pengawasan tata niaga bahan pokok tersebut,” kata Sutan, dalam pesan singkatnya, Rabu (13/12).
 
Dalam hal mengantisipasi kelangkaan pangan ini, Sutan mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemerintah. Yakni mengamankan pasokan barang atau rantai distribusi pangan, meminimalisir dampak cuaca, dan pengendalian serangan hama. Ketiga hal ini dinilainya menjadi masalah pangan secara nasional dari hulu ke hilir.
 
Menurutnya, untuk mengatasi hal itu, dibutuhkan koordinasi yang kuat dan berbasis data dalam mengamankan jalur pengadaan pangan nasional. Seperti masalah distribusi pangan, dimana waktu panen komoditas pangan beberapa daerah di Indonesia tidak serempak. Untuk itu,  perlu diketahui secara seksama data supply and demand antar daerah.
 
“Masalah pangan jangan ada yang berlebih ataupun yang kurang. Karena stok berlebih menjadikan harga jatuh, stok kurang jadi harga melonjak. Mengatur ini semua butuh koordinasi yang berbasis data, agar kelangkaan pangan di hari Natal dan Tahun Baru bisa kita atasi,” pesan politisi asal dapil Jambi itu. 
Editor :
Sumber : dpr.go.id
- Dilihat 804 Kali
Berita Terkait

0 Comments