Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/12/2017 13:00 WIB

Aher: Pesantren Ikut Menanam Saham Dalam Kemerdekaan

Ahmad Heryawan Gubernur Jabar
Ahmad Heryawan Gubernur Jabar
BANDUNG_DAKTACOM: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menegaskan bahwa pesantren tidak hanya tempat pendidikan semata, tetapi ikut andil juga dalam kemerdekaan Indonesia. Pesantren bisa disebut memiliki saham dalam kemerdekaan negara ini. 
 
"Kita kan memahami dan menyaksikan dalam sejarah bahwa pesantren mempunyai peranan yang sangat besar dalam berjuang melawan penjajah merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, pada saat mengisi kemerdekaan pun pesantren harus memiliki peran, itu harus kita garis bawahi bahwa pesantren ini menjadi bagian pemberi saham dari NKRI ini," ujar Aher dalam pelantikan pengurus BKsPPI (Badan kerjasama Pondok Pesantren Indonesia) Jabar di Gedung Pakuan, Selasa (13/12). 
 
Dengan demikian karena pesantren memiliki peranan yang sangat kuat untuk merebut kemerdekaan pasti pesantren memiliki kecintaan yang kuat terhadap negara, bahkan tokoh pesantren tokoh ulama seperti Kyai Hasyim Ashari, Kyai Haji Wahab Hasbulloh sampai dia punya sebuah bait-bait lagu yang menyebutkan hubbul Wathon minal iman itu menunjukkan bahwa NKRI yang nyata.
 
"Kurang Nasionalismenya apa pesantren-pesantren kita, justru saya sebagai generasi anak bangsa generasi anak muda harus mengapresiasi dengan apresiasi yang paling dalam, para ulama para santri yang menjadi tulang punggung negeri Indonesia ini," jelasnya.
 
"Backbone saat perang melawan penjajahan di saat merebut kemerdekaan Backbone dan disaat mengisi kemerdekaan, jangan sampai ketika mengisi kemerdekaan tidak jadi backbone. Oleh karena itu BKsPPI hadir, mengkordinasikan kegiatan kegiatan pesantren, untuk mengokohkan sistem pesantren, dalam arti mengajarkan ilmu ilmu yang berbasis  wahyu keagamaan maupun kepesantrenan yang diperluas, yaitu mempelajari ilmu ilmu ayat dan teknologi," tambah Aher
 
"Kita meyakini bahwa ilmu keagamaan menyatu padu dengan ilmu sosial dan tekhnologi akan melahirkan kebaikan yang utuh, tidak saja kebaikan duniawi tapi kebaikan Ukrowi sekaligus, itu yang disebut pembangunan yang seutuhnya," pungkas Aher. 
Editor :
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 1337 Kali
Berita Terkait

0 Comments