Parlemen / DPR RI /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 07/12/2017 14:00 WIB

Komisi I Kecam Klaim Sepihak Trump Atas Yerusalem

Sukamto anggota DPR dari Fraksi PKS
Sukamto anggota DPR dari Fraksi PKS
JAKARTA_DAKTACOM: Sikap Presiden Donald Trump yang tetap mengumumkan pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat ke Yerusalem dan mengakuinya sebagai ibu kota Israel dengan mengabaikan opini dunia yang banyak menentangnya menurut Sukamta - Anggota Komisi 1 DPR -  merupakan sikap arogan yang sangat membahayakan proses perdamaian dan bisa menghadirkan chaos di Timur Tengah.
 
"Ini arogansi yang sangat berbahaya. Presiden Trump tidak hanya menyakiti ummat Islam yang menganggap Kota Yerusalem sebagai tempat suci tetap juga ummat Kristen. Ini dapat memicu gejolak di seluruh dunia," ungkap Sukamta, Kamis (7/12).
 
Sekretaris Fraksi PKS ini mengharapkan sikap Pemerintah RI yang lebih kuat untuk menggalang opini dunia dan menekan sikap Trump sehingga mengurungkan keputusannya. Saat ini sudah cukup banyak pemimpin dunia angkat bicara dan mengecam keputusan Trump, termasuk para pemimpin negara-negara Eropa.
 
"Kami mengapresiasi yang telah dilakukan Bu Menlu dengan memanggil duta besar AS beberapa hari lalu. Ini perlu ditindaklanjuti dengan  sikap yang lebih kuat. Kami harap Pak Jokowi ikut angkat bicara soal ini untuk memberi tekanan yang lebih besar kepada Presiden Trump," lanjut Sukamta.
 
Sukamta yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS juga mengharapkan Pemerintah RI terus melakukan upaya terobosan, salah satunya dengan mendorong KTT Darurat OKI. 
 
"Jika OKI bisa menghasilkan sikap secara institusional tentu akan punya daya tekan yang lebih kuat. Indonesia sangat mungkin untuk menginisiasi hal ini," pungkas Anggota DPR asal Yogyakarta tersebut. 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 630 Kali
Berita Terkait

0 Comments