Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 05/12/2017 11:15 WIB

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Ajak Petani Terapkan PHT

Koordinator POPT Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dono Subagyo SP
Koordinator POPT Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dono Subagyo SP
BEKASI_DAKTACOM: Paska merebaknya hama wereng coklat di area sawah Kabupaten Bekasi, pihak Dinas Pertanian setempat menggencarkan sosialisasi prinsip Pengendalian Hama Terpadu atau biasa disingkat PHT.
 
Menurut Koordinator POPT Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dono Subagyo, SP, dengan prinsip PHT ini, petani diajak untuk betul-betul memahami ekosistem pertaniannya.
 
"Jadi PHT ini memiliki 4 prinsip dasar yaitu budidaya tanaman sehat, pemanfaatan musuh alami, pengamatan rutin atau pemantauan, dan petani sebagai ahli PHT," ujarnya dalam bincang publik di Radio Dakta, Selasa (5/11).
 
Ia memaparkan, dengan lebih mengenal ekosistem, petani bisa melakukan tindakan preventif agar tanamannya dapat terhindar dari serangan hama, dan kalaupun terkena hama, daya rusaknya dapat diminimalisir.
 
Prinsip PHT sendiri, masih menurut Dono, merupakan prinsip yang sangat bersahabat dengan alam, hal ini dibuktikan dengan tidak terlalu direkomendasikannya penggunaan pestisida karena juga dapat membunuh predator alamiah hama.
 
"kalau predatornya juga mati, yang terjadi justru ledakan hama," tegasnya.  
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1301 Kali
Berita Terkait

0 Comments