Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 01/12/2017 12:00 WIB

Dinas Pertanian: Ekosistem Tak Stabil, Hama Merebak

talkshow dinas pertanian soal mencegah hama
talkshow dinas pertanian soal mencegah hama
BEKASI_DAKTACOM: Dengan maraknya perkembanga hama wereng coklat akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Bekasi, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi pun menggiatkan sosialisasi kepada masyrakat terkait bagaimana kiat mencegah penyebaran hama yang merugikan petani.'
 
Dalam bincang pub,ikdi Radio Dakta pada Jum'at (1/12), Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman dari Distani Kabupaten Bekasi, Dono Subagyo memaparkan bahwa merebaknya hama utamanya disebabkan ketidakseimbangan ekosistem.
 
"Jadi sesungguhnya binatang itu sudah ada di lahan tanaman kita, hanya saja mereka berubah menjadi hama yang merugikan karena ekosistemnya terganggu, bisa karena pemupukan berlebihan, ketiadaan supply makanan untuk spesies tersebut, atau berkurangnya predator alami," paparnya.
 
Oleh karenanya penting bagi petani untuk memahami asbab musabab mengapa lahannya sampai terkena hama tertentu, setelah diteliti sebabnya baru bisa diambil langkah pencegahan yang paling efisien.
 
Dirinya memaparkan bahwa untuk kasus hama wereng coklat di Kabupaten Bekasi salah satu solusi pencegahan yang paling jitu adalah dengan melakukan sistem penanaman bergilir di lahan yang terdampak hama.
 
"Contoh, setelah tanam padi di musim berikutnya tanam palawija dan seterusnya berganti-gantian," jelasnya.
 
Dengan sistem semacam ini dirinya menjelaskan bahwa binatang hama pun terputus siklus hidupnya karena pasokan pangannya berubah musim tanam.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1109 Kali
Berita Terkait

0 Comments