Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 29/11/2017 18:58 WIB

Selain Taman Pintar, Ini 4 Tempat Wisata Anak di Yogyakarta

foto anak anak ikut cooking class   sumber homeschoolingprimagamacoid
foto anak anak ikut cooking class sumber homeschoolingprimagamacoid
JAKARTA_DAKTACOM: Setiap wisatawan atau yang pernah tinggal cukup lama di Yogyakarta pasti akan selalu ingin kembali ke kota ini. 
 
Budayanya, keramahan warganya, hingga tempat-tempat wisata di Yogyakarta adalah beberapa faktornya.
 
Bicara tempat wisata di kota yang memiliki julukan kota 'Gudeg' ini tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari wisata alam seperti pantai dan gunung, wisata budaya hingga hiburan edukasi khusus untuk anak-anak semuanya ada! 
 
Nah, khusus untuk wisata edukasi sekaligus hiburan, Yogyakarta punya satu tempat wisata bernama Taman Pintar. Di tempat ini terdapat sebuah tempat yanng diberi nama  Playground yang berisikan permainan dengan nama-nama lucu. 
 
Misalnya, Dinding Berdendang, Parabola Berbisik, Pipa Bercerita, Jembatan Goyang dan masih banyak jenis permainan lainnya. 
 
Selain menghibur permainan ini juga memberikan berbagai macam pengetahuan tidak hanya untuk anak-anak, namun juga orang dewasa. 
 
Hal ini masih ditambah lagi dengan kehadiran sebuah zona yang memang khusus untuk anak usia dua hingga tujuh tahun, yaitu zona Pendidikan Anak Usia Dini atau dikenal dengan PAUD
 
Masih banyak lagi jenis permainan yang mendidik di Taman Pintar. Namun, jika ingin mencari tempat wisata di Yogyakarta yang memberikan hiburan sekaligus juga ilmu pengetahuan. 
 
Apa saja ya tempat-tempat wisata tersebut? 
 
1. Cooking Class di Cokelat Monggo
 
Siapa yanng tidak menyukai cokelat. Melihatnya saja sudah membuat siapa saja menjadi tergiur. Apalagi jika ikut menjadi pemilik sekaligus mengolah cokelat. 
 
Wisata ini yang ditawarkan oleh cokelat Monggo yang berada di daerah Kotagede, Kota Yogyakarta. Seperti yang sudah sering dibicarakan, cokelat Monggo adalah salah satu tempat oleh-oleh yang paling dicari ketika berkunjung ke Yogyakarta. 
 
Nah, bagi yang ingin berwisata sekaligus membeli souvenir dan ingin mengajak anak-anak bermain, maka cokelat Monggo adalah pilihan tepat. 
 
Di tempat ini, anak-anak akan diajarkan bagaimana mengolah cokelat menjadi sebuah makanan yang lezat melalui cooking class. 
 
 
2. Bermain di Museum Mainan Anak Kolong Tangga
 
(foto:koleksi permainan jadul - sumber:2jogja.com)
 
Selalu ada saja masa kecil yang selalu dikenang, salah satunya adalah permainan. Apalagi jika dibandingkan dengan masa dahulu dan sekarang jenis permainan semakin berbeda di mainkan oleh anak-anak. 
 
Satu tempat wisata di Yogyakarta menawarkan sebuah permainan-permainan tradisional yang sering dilakukan di anak-anak di masa lalu. 
 
Sekedar untuk bernostalgia, tentunya tidak salah kita mengajak anak-anak untuk memainkan permainan masa lalu. 
 
Museum Mainan Anak Kolong Tangga, terdapat beragam permainan seperti kuda kayu, gasing, congklak, buku cerita hingga koleksi mainan yang mungkin sudah sangat langka ditemukan di saat sekarang ini. Berbagai macam permainan ini tidak hanya untuk dilihat saja bahkan bisa dimainkan lhoh. 
 
 
3. Seharian di Museum dan Taman Monumen Yogya Kembali
 
(foto: kerlap-kerlip di malam hari - sumber:insanwisata.com)
 
Sambil bersantai menikmati malam, tentunya pengunjung akan terhibur dengan kerlap-kerlip lampion-lampion lucu di tempat ini. Beberapa anak muda bahkan menjadikan ini sebagai latar belakang untuk berfoto. Oh ya, ada banyak referensi museum di situs Traveloka bila kamu ingin mengunjungi museum lainnya di Yogyakarta.
 
4. Sindu Kusuma Edupark
 
Tempat wisata sekaligus memberikan pengalaman tentang ilmu pengetahuan berikutnya adalah berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark. 
 
Salah satu permainan yang populer di tempat ini adalah wahana permainan bernama Cakra Manggilingan, yang tampak seperti bianglala dari kejauhan. Posisi tertinggi Cakra Manggilingan ini adalah 50 meter.
 
Selain itu, masih terdapat permainan Panggon Lunjak, dimana anak-anak bisa melompat-lompat dan menggabungkan aksi trampolin dan sling shot. 
 
Sementara itu, untuk wisata edukasi, di Sindu Kusuma Edupark terdapat House of Batik dan Dino Park membuat anak-anak bisa belajar batik dan mengenal kehidupan di masa purba. 
 
Tertarik mencoba semua wisata di Sindu Kusuma Edupark?
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 168 Kali
Berita Terkait

0 Comments