Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 27/11/2017 08:15 WIB

Pencari Kerja di Kota Bekasi Lebihi Kuota yang Disediakan

Ilustrasi Pekerja Pabrik 1
Ilustrasi Pekerja Pabrik 1
BEKASI_DAKTACOM: Jumlah pencari kerja di Kota Bekasi melebihi kuota yang disediakan pemerintah daerah.
 
Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2012-2017, Kota Bekasi menyediakan 50.000 lapangan pekerjaan.
 
Namun, nyatanya masih ada 21.942 orang lagi dengan latar belakang pendidikan SD hingga Sarjana 3 (gelar doktor) yang masih mencari pekerjaan di Kota Bekasi.
 
Artinya, ada 70.000 lebih pencari kerja di wilayah setempat dalam kurun lima tahun.
 
"Selama lima tahun ini, sebetulnya kami sudah menyediakan lebih dari 50.000 lapangan pekerjaan," ujar Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Sudirman pada Ahad (26/11) petang.
 
Sudirman mencatat, ada 65.255 orang yang sudah penempatan kerja di perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah. Jumlah itu tercatat selama lima tahun terakhir.
 
Menurut dia, pemerintah hanya menyediakan 50.000 lapangan kerja karena minimnya permintaan dari masyarakat lewat musyawarah rencana pembangunan (musrembang).
 
Rapat yang digelar dari tingkat kelurahan hingga kota di setiap tahun ini, jarang ada warga yang meminta lapangan pekerjaan baru.
 
"Mayoritas masyarakat hanya melihat hal-hal yang sifatnya global seperti penanganan banjir, jalan rusak atau penyediaan fasos fasum. Padahal ketersediaan lapangan kerja juga sama pentingnya," kata Sudirman.
 
Sudirman menjelaskan, pemerintah menyediakan 50.000 lapangan kerja baru untuk menekan angka pengangguran.
Editor :
Sumber : Wartakota
- Dilihat 826 Kali
Berita Terkait

0 Comments