Parlemen / DPR RI /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/11/2017 14:15 WIB

Komisi XI: PSBI Harus Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Tim Kunspek Komisi XI DPR mengunjungi para petani yang dibantu Program Sosial BI di Padang
Tim Kunspek Komisi XI DPR mengunjungi para petani yang dibantu Program Sosial BI di Padang

PADANG_DAKTACOM: Anggota Komisi XI DPR RI Sukiman menegaskan bahwa Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Padang.

Meskipun saat melakukan peninjauan ke lokasi perkebunan bawang di Sumatera Barat, ia memberikan apresiasi atas produk bawang yang dihasilkan namun BI harus mendampingi program ini sampai tahap pemasaran.

“Kami sedang melakukan peninjauan Program Sosial Bank Indonesia (PBSI) ini sangat baik dalam rangka menyikapi tingginya inflasi. Saya melihat di Padang ini program BI sudah menyentuh tapi perlu ditingkatkan agar jangan sampai di hulu tapi di hilir juga. Pembinaan sampai pemasaran itu penting untuk mendorong penghasilan petani,” ujar Sukiman dalam rilisnya, Kamis (23/11).

Politisi PAN ini berharap PSBI mampu meningkatkan pendapatan petani sehingga dengan sendirinya mampu mengurangi tingkat inflasi di daerah.

 “Lokasi binaan BI tadi saya lihat dan tinjau cukup luar biasa baik. Ini penting untuk mendorong peningkatan di sisi penerimaan petani itu sendiri,” ujar Sukiman.

Petani yang menjalankan program ini, lanjut Sukiman, juga diharapkan mampu lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan taninya. Dengan adanya sinergitas petani dengan Bank Indonesia maka diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah.

“PSBI itu cukup baik untuk membantu pemerintah mengatasi inflasi. Bawang cabai dan lain-lain bisa terpenuhi di daerah ini. Kita berharap petani kita bisa semangat dan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih sejahtera,” ujar Sukiman.

Sinergitas antara BI dan Pemerintah Daerah juga sangat dibutuhkan agar PSBI ini berjalan dengan efektif dan tepat sasaran. Jika pemerintah daerah bertindak sebagai pengambil kebijakan, maka BI bertindak sebagai think thank-nya.

Sebagaimana diketahui, PSBI meliputi dua jenis program, yakni Program Strategis dan Kepedulian Sosial. Program Strategis mencakup program pengembangan ekonomi dan program peningkatan pengetahuan serta pemahaman masyarakat tentang tujuan dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

Sementara Program Kepedulian Sosial, merupakan kegiatan kepedulian atau empati terhadap permasalahan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, kebudayaan, keagamaan, dan penanganan musibah dan bencana alam.

Editor :
Sumber : dpr.go.id
- Dilihat 396 Kali
Berita Terkait

0 Comments