Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/11/2017 13:30 WIB

Pemkab Bekasi Segera Basmi Hama Wereng Coklat

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Abdul Karim
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Abdul Karim

TAMBELANG_DAKTACOM: Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mencatat seluas 98 hektar lahan pertanian terkena serangan hama wereng batang coklat (WBC).
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdul Karim dalam saat kegiatan Hari Krida Pertanian Ke 45 di Lapangan Kecamatan Tambelang, Kamis (23/11) mengatakan beberapa kecamatan yang terkena serangan hama WBC diantaranya Sukatani, Tambelang, Sukakarya dan Karang Bahagia.

"Di kecamatan Sukakarya bahkan seluas 85 hektar mengalami gagal panen karena batang padi rusak sepanjang 30 centimeter terkena hama dan langsung dimusnahkan," ungkapnya.

Pihaknya mengaku sudah mengantisipasi serangan hama tersebut, bahkan ada Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) namun tidak termonitor karena fokus mengawasi serangan hama yang ada di Cibarusah dan Pebayuran tetapi hama malah menyerang tanaman padi di wilayah Tambelang, Sukakarya dan Sukatani.

"Kita saat ini fokus dalam mengatasi serangan hama tersebut, karena sudah dibentuk brigade serangan hama yang dibentuk bersama dengan TNI," terangnya.

Abdul Karim menambahkan, serangan hama yang ada di lahan pertanian itu tidak akan mengganggu hasil pertanian di kabupaten bekasi karena lahan yang ada di tahun 2017 ini panen hingga 3 kali sehingga swasembada pangan dapat tercukupi.

"Sedang diinventarisir dampak kerugian yang dialami petani, jika ada yang gagal panen maka akan melakukan ganti rugi melalui asuransi pertanian," tukasnya.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1510 Kali
Berita Terkait

0 Comments