Sekolah Jurnalistik /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/11/2017 11:30 WIB

Jurnalis Foto Antara Berbagi di Sekolah Jurnalistik Dakta

SJD
SJD

BEKASI_DAKTACOM: Sekolah Jurnalistik Dakta (SJD) hadir dalam edisi keenam dengan materi fotografi jurnalistik, Kamis (23/11) di Kampus STMIK Bani Saleh, Jalan M.Hasibuan No.68, Kec.Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Pada edisi keenam dengan tema fotografi jurnalistik ini, SJD menghadirkan Wartawan Fotografi Kantor Lembaga Berita Antara, Rizky Ardiantoro.
Rizki mengatakan fotografi jurnalistik sangat membutuhkan momen dan kecepatan.

"Media Massa mengambil foto boleh sama momennya, tapi membuat foto itu punya pesan kepada yang melihatnya, itu yang terpenting" tukas Rizky dalam pemaparannya pada SJD Edisi keenam.

Ia menyampaikan, sebagai seorang jurnalis, menjadikan pekerjaan sebagai hobi sangatlah penting. Dasar itu akan menjadikan dirinya terus bereksperimen dalam menyajikan karya foto jurnalistik.

"Konsep utamanya, 5W+1H. Menguasai subjek foto, sudut pandang yang berbeda, ekspresi, detail foto akan semakin memperkuat konsep utama yang telah dikuasai," tegas Rizky.

Karakteristik foto jurnalistik, menurutnya cukup unik, yakni penggabungan antara gambar dan kata yanģ harus mudah dipahami. Ia menambahkan, foto jurnalistik harus memiliki nilai aktual, ketokohan, human interest, dan proximity.

"Foto itu harus ada kehidupan, dengan lingkup manusia dalam foto akan menjadi pembeda," papar Rizky

Selain mengajarkan teori pada SJD edisi keenam ini juga mempersiapkan peserta untuk terjun kelapangan. Peserta diajak untuk mengambil foto di Alun-Alun Kota Bekasi untuk memerapkan materi yang telah diberikan.

Program pelatihan ini akan menghadirkan para fasilitator dari berbagai bidang media. Para peserta adalah generasi milenial yang diharapkan bisa menjadi jurnalis serba bisa yang handal dan profesional. Jika ingin bergabung ke SJD silakan hubungi via SMS/WA 0815 11 107 107

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1615 Kali
Berita Terkait

0 Comments