Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 17/11/2017 15:00 WIB

BPOM Siap Kawal Kosmetik Lokal bersaing di ASEAN

produk kosmetik
produk kosmetik
BANDUNG_DAKTACOM: Dalam mekanisme notifikasi, industri kosmetik termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM) bertanggung jawab untuk memastikan keamanan, manfaat, dan kualitas produk yang dijual di pasaran. 
 
"Industri harus memiliki kemampuan dalam memenuhi persyaratan Good Manufacturing Practices  (GMP) untuk menghasilkan kosmetik yang aman, bermanfaat, dan bermutu tinggi”. 
 
Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen Badan POM (Deputi II), Ondri Dwi Sampurno saat memberikan sambutan pada pembukaan The 27th ASEAN Cosmetic Committee (ACC) Meeting and Its Related  Events, Bandung, Kamis (16/11).
 
Diperkirakan lebih dari 650 juta populasi di negara-negara ASEAN berkontribusi besar dalam perdagangan, tidak hanya diantara negara ASEAN tapi juga wilayah sekitarnya dan bahkan di dunia global. 
 
Pasar besar ini menarik perhatian negara lain seperti Uni Eropa, Amerika, dan Australia untuk menjual produk mereka di pasar ASEAN.
 
Badan POM terus berupaya mendukung pertumbuhan industri kosmetik agar produk kosmetik Indonesia dapat memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutu. 
 
Selain menerapkan sistem notifikasi online untuk memudahkan pelaku usaha melakukan notifikasi produknya, Badan POM juga melakukan sosialisasi, advokasi, dan diskusi dengan pelaku usaha kosmetik, termasuk melakukan pembinaan dan bimbingan teknis kepada para pelaku UMKM untuk memproduksi produk kosmetik dengan mengacu pada peraturan yang berlaku.
 
"Saya yakin dengan komitmen kuat dari semua ASEAN Member States (AMS) dengan dukungan Sekretariat ASEAN, kita dapat bekerja sinergis mengoptimalkan pelaksanaan Harmonisasi ASEAN di bidang kosmetik yang mampu memberikan cara efektif dalam melindungi kesehatan konsumen dalam menjamin keamanan, kemanfaatan, dan mutu kosmetika yang beredar, tutupnya. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : pom.go.id
- Dilihat 476 Kali
Berita Terkait

0 Comments