Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/11/2017 11:00 WIB

Kemendagri Pastikan Bisa Cetak 22 Juta Blanko e-KTP

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Ari Fakhrullah
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Ari Fakhrullah
JAKARTA_DAKTACOM: Sebanyak 22,75 juta blangko e-KTP baru akan disediakan Kementerian Dalam Negeri pada 2017 dan 2018. Jumlah itu didapat berkat pengadaan tanpa tender dengan sistem katalog elektronik (e-katalog) sektoral. Sistem ini menutup peluang kelangkaan blangko seperti sebelumnya.
 
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh merinci, pengadaan blangko untuk tahun ini mencapai 6,75 juta lembar. Pada tahun depan, pengadaan blangko e-KTP mencapai 16 juta blangko.
 
Menurutnya, keberhasilan penyediaan ini tak lepas dari perubahan sistem pengadaan barang, dari sistem tender ke sistem katalog elektronik sektoral.
 
"Perlu waktu dua tahun untuk mendorong menjadi katalog sektoral. Mudah-mudahan tak ada lagi kegagalan (lelang), karena 2018 pilkada yang meliputi 2/3 wilayah dan ada Pileg serta Pilpres. KTP sangat dibutuhkan untuk itu," ujar dia, di Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (14/11).
 
Dengan e-katalog sektoral ini, harga pencetakan blangko e-KTP adalah Rp9.457 per lembar. Ini lebih murah dibanding pengadaan terdahulu, dengan nilai per lembar blangko bisa mencapai Rp10 ribu hingga Rp11 ribu.
 
Dalam proses ini, tiga perusahaan menjadi rekanan Kemendagri. Yakni, PT. Pura Barutama, PT. Jasuindo Tiga Perkasa, dan PT Trisakti Mustika Graphika.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 37 Kali
Berita Terkait

0 Comments