Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/11/2017 11:15 WIB

Dinas Pertanian Sosialisasikan Bahaya Bakteri Anthrax

Dinas LH Kabupaten Bekasi membahas anthrax
Dinas LH Kabupaten Bekasi membahas anthrax
BEKASI_DAKTACOM: Anthraks adalah penyakit menular akut dan sangat mematikan yang disebabkan bakteri Bacillus anthracis dalam bentuknya yang paling ganas.
 
Menurut Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kab Bekasi, dr H Asep Ajit Kusnadi, Antraks paling sering menyerang herbivora dan bersifat  zoonosis yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia, namun tidak dapat ditularkan antara sesama manusia.
 
"Oleh karenanya perlu kita mengenal bahaya penularan Anthrax ini agar dapat memahami dengan baik bagaimana mencegahnya," ujarnya dalam bincang publik di Radio Dakta, Selasa (14/11).
 
Karena tidak ditularkan sesama manusia eseorang yang melakukan kontak dengan penderita anthrax tidak perlu diimunisasi ataupun diobati. 
 
"Namun, seseorang perlu waspada apabila berada di wilayah penyebaran anthrax yang sama dengan penderita, atau terpapar oleh sumber infeksi (hewan ternak, hewan permainan) yang sama," tambahnya.
 
Selain itu untuk mencegah masuknya Anthrax, Pemerintah Indonesia melakukan penyaringan ketat terhadap setiap produk ternak baik berupa daging maupun hewan hidup yang datang dari wilayah endemik anthrax.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 50 Kali
Berita Terkait

0 Comments