Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/11/2017 08:45 WIB

KH Didin: Lembaga Zakat dan Sosial Harus Berjalan Sesuai Syariat

Badan Amil Zakat Nasional
Badan Amil Zakat Nasional
BOGOR_DAKTACOM: “Lembaga sosial harus terbuka, berjalan sesuai syariat dan mau terus dinasihati,” pesan Prof Dr KH Didin Hafidhuddin.
 
Ini ia sampaikan di sela-sela melakukan rangkaian ujian terhadap mahasiswa di ruangannya sebagai Direktur Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat, Senin (13/11).
 
“Lembaga zakat atau sosial saat ini terlalu santai berada di zona nyaman. Nyaman dengan program-program itu saja. Sedangkan masyarakat miskin, perlu pendampingan yang berkesinambungan. Mengubah mereka menjadi merdeka ekonomi adalah harapan para kaum dhuafa,” sambungnya ketika ditemui manajemen sebuah lembaga zakat/sosial.
 
Menurut mantan Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini, potensi masyarakat Indonesia melek terhadap nilai-nilai Islam akhir-akhir ini patut diapresiasi. Tak terkecuali, soal infaq atau sedekah.
 
“Banyak, masyarakat Muslim begitu disentuh dengan isu-isu kemanusiaan, akan selalu bersedia untuk menginfakkan hartanya. Lihat genosida etnis Rohingya, (dan) korban bakar hidup-hidup tertuduh pencuri ampli mushalla di Bekasi. Begitu banyak kaum Muslimin tergugah karenanya. Ada yang mecahin celengan sampai infaq sebisanya untuk membantu penderitaan saudara Muslim lainnya,” ucapnya.
 
“Tetapi perlu program yang cerdas, untuk bisa menjadi lembaga yang amanah dan terpercaya. Salah satunya, harus mau dinasihati,” lanjutnya.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : hidayatullah.com
- Dilihat 50 Kali
Berita Terkait

0 Comments