Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 10/11/2017 06:00 WIB

Produk UKM Indonesia Diharapkan Bisa Menembus Pasar Global

booth UKM binaan smesco di Decofair 2017
booth UKM binaan smesco di Decofair 2017
JEDDAH_DAKTACOM: Pelaksanaan Decofair 2017 di Hilton Hotel, Jeddah, Arab Saudi, memasuki hari terakhir. Empat booth SMESCO Indonesia yang men-displayproduk UKM binaan mendapat perhatian buyer dari negara Arab dan Timur Tengah khususnya produk furniture.  
 
Salah satunya, UKM Berkah Furniture yang merupakan mitra binaan SMESCO Indonesia, hadir dalam pameran Decofair 2017 dengan konsep modern style Eropa. Sofa berwarna hijau cukup menarik perhatian buyer negara Arab. Apalagi, saat ini negara-negara Arab mulai berkiblat ke style Eropa. Salah satu produk Berkah, yaitu Office Chair dengan corak batik mega mendung ciri khas Indonesia membuat kagum para pengunjung. 
 
Selain itu, akses naga di belakang kursi merupakan nilai tambah produk tersebut. Banyak potensial buyer yang mencoba untuk duduk di kursi tersebut. Buyer juga diberikan pilihan untuk menentukan warna dan corak yang diinginkan.
 
"Untuk mengisi kebutuhan meja ruang tamu (table set) senilai Rp 15 juta untuk mengisi 100 kamar real estate, berpotensi terjadi transaksi order Rp 1,5 miliar," ujar Emilia Suhaimi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM)/SMESCO Indonesia, Kamis (9/11).
 
Buyer-buyer yang berminat tersebut adalah perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang interior desain untuk hotel berbintang di benua Arab. Mereka tertarik dengan produk-produk rotan, karena rotan adalah material asli Indonesia. Harus diakui bahwa 80 persen rotan ada di Indonesia dan merupakan yang terbaik. Artinya, itu menjadi kebanggaan dan prestasi bagi UKM Indonesia yang memiliki potensi untuk bersaing di pasar global.
 
"Saya kira UKM binaan SMESCO jangan hanya eksis di negara sendiri, tapi harus bisa menembus pasar global, dan para UKM Indonesia harus tetap semangat berkarya dan memproduksi produk unggulan yang berkualitas dan bisa dipasarkan hingga ke mancanegara," ujar Emilia.
 
Ternyata di negara Arab, pangsa pasar produk furniture dan home decor semakin terbuka dengan makin berkembangnya kebutuhan perlengkapan untuk dekorasi hotel dan apartemen. Buktinya, dari pameran Decofair tersebut beberapa pihak di Arab Saudi memesan produk dari UKM binaan SMESCO Indonesia yang jumlahnya sangat besar. Bahkan, produk-produknya kian dilirik para buyer dari negara-negara Arab atau Timur Tengah.
 
"Misalnya, buyer dari Mesir tertarik dengan produk home decorative dari SMESCO Indonesia. Nah, produk pajangan yang dipamerkan itu tak hanya dilirik buyer Mesir, tapi negara-negara Arab lainnya," papar Emilia.
Editor :
Sumber : bisnis.com
- Dilihat 1901 Kali
Berita Terkait

0 Comments