Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 08/11/2017 14:00 WIB

Dinas LH segera Selidiki Pencemaran Kali Sepak

limpahan busa dari kali sepak kabupaten bekasi
limpahan busa dari kali sepak kabupaten bekasi
CIKARANG_DAKTACOM: Dugaan pencemaran terjadi di Kali Sepak atau yang biasa disebut dengan Kali Busa yang berlokasi di Desa Satria Jaya Kecamatan Tambun Utara.
 
Kali tersebut dipenuhi oleh busa berlebih bahkan sempat meluber ke jalan.
 
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi mengaku telah meninjau ke lapangan dan mengambil sample air untuk diuji ke laboratorium.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Daryanto mengatakan pihaknya masih menunggu hasil laboratorium apakah pencemaran yang dihasilkan tersebut bersumber dari limbah industri atau rumah tangga.
 
"Jika hasil laboratorium itu menyebutkan pencemaran tersebut disebabkan karena industri maka perusahaan akan ditindak tegas," katanya pada Rabu (8/11).
 
Pencemaran itu juga akan dievaluasi dan diinventarisir dari hulu ke hilir untuk memgetahui perusahaan mana yang membuang limbahnya di Kali Sepak.
 
Sementara itu, Ketua RW 14 Desa Satria Jaya, Hasanuddin menuturkan, Kali Busa sering dialiri limbah berbentuk busa yang diduga berasal dari pabrik di sepanjang aliran kali itu.
 
Bahkan, banyaknya busa di kali itu, namanya menjadi Kali Busa. Padahal, nama sebenarnya kali itu adalah Kali Sepak
 
Pada 2015, kejadian serupa terjadi, ketika gumpalan busa besar berada di kali dan naik hingga permukaan. Kali ini juga pernah dipenuhi sampah sampai tercium bau tidak sedap. Otomatis hal itu jadi penyebab banjir.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 48 Kali
Berita Terkait

0 Comments