Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 08/11/2017 13:30 WIB

Kelompok Tani Binaan Korem 051 Tuai Panen Perdana

panen padi
panen padi
CIKARANG_DAKTACOM:  Kelompok Tani Warga Jaya menggelar panen perdana bersama jajaran Korem 051 Wijayakarta di lahan pertanian, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (7/11). 
 
Wilayah seluas 36 hektare lahan garapan warga menghasilkan padi seberat 6 ton lebih per hektare dari padi jenis Ciherang dan Mokanga. Total hasil panen padi mencapai 216 ton.
 
Komandan Korem 051 Wijayakarta Kolonel Inf. Bobby Rinal Maknun, menjelaskan, panen ini merupakan bentuk dari apa yang dilakukan TNI bersama dengan masyarakat di lapangan, baik dengan babinsa ataupun kelompok tani.
 
"Pada saat ini hasilnya cukup baik, ada 5 ton lebih per hektare. Mudah-mudahan ini jadi contoh untuk tempat lain, khususnya di wilayah Bekasi. Ini kegiatan mendukung swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah," ujarnya.
 
Dalam program tersebut diakuinya ada keterbatasan petani. Pihaknya akan berkomunikasi dengan Dinas Pertanian di Kabupaten Bekasi, salah satunya masalah suku cadang agar petani tidak kesulitan mengoperasionalkan alat yang ada.
 
Boby menambahkan, pendampingan babinsa terhadap petani, cukup efektif sehingga membuat hasil panen cukup optimal. Pada program swasembada pangan, program lain yang difokuskan adalah upaya khusus (upsus) padi jagung dan kedelai (pajale) sebagai ketahanan pangan pangan dengan penyerapan gabah.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 48 Kali
Berita Terkait

0 Comments