Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 07/11/2017 11:30 WIB

Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Bekasi Masih Tinggi

Ilustrasi penduduk
Ilustrasi penduduk
CIKARANG_DAKTACOM: Kepala Dinas KB dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Bekasi, Encep S. Jaya mengatakan Tingkat Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) atau jumlah kelahiran penduduk di Kabupaten Bekasi masih terbilang cukup tinggi. 
 
Menurut Encep, LPP di Kabupaten bekasi bisa menjadi kendala dalam upaya pencepatan pembangunan yang akan dilakukan kedepan.
 
"Tingginya LPP ini bukan semata tanggung jawab pemerintah daerah, tapi elemen masyarakat mempunya andil penting dalam menekan pertambahan penduduk," ujarnya pada Selasa (7/11).
 
Diakuinya, pertumbuhan penduduk di kabupaten bekasi mencapai 147.200 jiwa. Dari angka itu menempatkan Kabupaten Bekasi menjadi daerah tertinggi di Jawa Barat dengan laju pertumbuhan penduduk mecapai 4,7 persen.
 
Tingginya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bekasi didominasi oleh kaum urban. Sedikitnya ada 64 ribu pendatang baru yang mencari kerja dan menetap di Kabupaten Bekasi setiap tahunnya.
 
Meski didominasi oleh pendatang, namun pihaknya tidak bisa mengetahui berapa jumlah penduduk yang datang, karena pendataan itu harus dilakukan selama 6 bulan.
 
Meski angka kelahiran bukan menjadi yang utama dalam proses penambahan jumlah penduduk, namun diakui Encep pihaknya tetap melakukan pengendalian penduduk dengan cara sosialiasi program keluarga berencana.
 
Setiap keluarga diminta menjadi pengguna kb agar mengendilakan jumlah penduduk, Dinasnya pun juga selalu mencapai target akseptor kb setiap tahunnya.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 3576 Kali
Berita Terkait

0 Comments