Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/05/2015 14:20 WIB

Relawan RZ Sediakan Layanan Pangkas Rambut untuk Pengungsi Rohingya

Relawan RZ Saat Memberikan Layanan Pangkas Rambut untuk Pengungsi Rohingya
Relawan RZ Saat Memberikan Layanan Pangkas Rambut untuk Pengungsi Rohingya

ACEH_DAKTACOM: Memasuki hari ke-5 penyaluran bantuan bagi pengungsi Rohingya di Aceh, Relawan RZ (Rumah Zakat) menyediakan layanan pangkas rambut. Aksi pangkas rambut ini dilakukan di Posko RZ di wilayah Langsa, Aceh Timur kepada 660 pengungsi yang rambutnya sudah tidak terawat.

“Demi kenyamanan dalam beraktifitas dan beribadah maka kami melaksanakan aksi ini. Semoga semua bisa selesai hari ini, mengingat mereka sudah lama tidak bercukur,” ungkap Herlan Wilandari, Koordinator Relawan RZ, Selasa (19/05).

Tampak di lokasi, para pengungsi Rohingya ini sangat antusias mengantri dan menunggu giliran untuk pangkas rambut. “Tim sejak pagi tadi juga sudah melayani pemotongan rambut bagi para pengungsi. Hingga pukul 11.00 wib sudah ada 40 pengungsi yang dipangkas rambutnya, dan yang mengantri masih banyak,” tutur  Herlan.

Di wilayah Langsa ini terdapat 790 pengungsi, terdiri dari 70 wanita dan 660 laki-laki dimana diantaranya terdapat 60 anak-anak. Sebelumnya para relawan RZ sudah mengirimkan bantuan logistik ke 2 wilayah yang menjadi tempat pengungsian Rohingya, yaitu Lhoksukon, Aceh Utara dan di Langsa, Aceh Timur.

Sejumlah logistik telah disiapkan untuk diolah di Posko dapur umum sinergi bersama Dinsos Langsa, diantaranya 600 butir telur, 1030 kg beras, 100 liter minyak sayur serta perlengkapan logistik lainnya. Sebanyak 100 family kit juga mulai didistribusikan hari ini. Setiap paket berisi air mineral, susu UHT, biskuit serta perlengkapan mandi (sabun, shampo, pasta gigi, dan sikat gigi).

Saat ini pengungsi Muslim Rohingya di Aceh tersebar di 3 wilayah yaitu 581 orang di Lhoksukon, Aceh Utara; 790 orang di Langsa, Aceh Timur; dan 97 orang di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. “Disini, kita sudah bantu para pengungsi Rohingya sejak Jum’at (15/05) kemaren. Relawan RZ masih akan terus melakukan bantuan, rencananya kami akan membuka posko di wilayah Langsa, Aceh Timur ini selama seminggu kedepan,” jelas Herlan.

Editor : Syifa Faradila
Sumber : Rumah Zakat
- Dilihat 1968 Kali
Berita Terkait

0 Comments