Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 02/11/2017 10:15 WIB

Haedar Nashir: Sikap Reaktif Tidak Produktif

Haedar Nasir dalam Silaturahim Nasional Jaringan Saudagar Muhammadiyah JSM
Haedar Nasir dalam Silaturahim Nasional Jaringan Saudagar Muhammadiyah JSM
YOGYAKARTA_DAKTACOM: Agenda terberat dan terbesar umat Islam termasuk Muhammadiyah ialah menjadi Khaira Ummah, yakni sebagai kekuatan yang unggul berkemajuan.
 
Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, Muhammadiyah dan seluruh kekuatan umat harus maju di segala bidang. “Kemajuan dapat dibangun manakala terus berusaha atau bergerak mengerahkan segala kemampuan dalam menghasilkan amal usaha dan segala karya yang unggul di banding kelompok masyatakat lain,” ucap Haedar pada Kamis (2/11).
 
MakaHaedar mengimbau agar Muhammadiyah dan seluruh lapisan masyarakat untuk terusmembangun pusat-pusat keunggulan di  bidang pemdidikan,  ekonomi, ilmu pengetahuan, dan lain-lain.
 
Namun gerak menuju kemajuan akan tersendat dan jalan di tempat jika para pemimpin dan warganya memiliki kebiasaan dan sikap reaktif dalam menghadapi keadaan. “Selama terus reaktif apalagi dalam merespons hal-hal yang bersifat isu maka peluang untuk berusaha dan bekerja kian sempit, energi pun terkuras,” kata Haedar.
 
 Padahal, lanjut Haedarpada saat yang sama umat banyak keterbatasan dan kelemahan. “Nahyu munkar memang penting tetapi harus seimbang dengan amar makruf. Lebih dari itu usaha membangun kemandirian dan kekuatan tidak boleh kendor dan terkalahkan,” tegas Haedar.
 
Bekerja keras membangun pusat-pusat keunggulan sungguh menjadi prioritas yang sangat penting dan strategis jika Muhammadiyah dan umat Islam ingin berada di depan. Agenda meraih kemajuan tersebut memang berat karena harus bekerja keras dan bergerak nyata.
 
“Sedangkan sikap reaktif itu biasanya cukup dengan bicara dan berdebat. Maka  Muhammdiyah dan umat Islam tidak boleh terbuai dengan sikap-sikap reaktif yang boleh jadi tampak heroik, tetapi tidak produktif,” pungkas Haedar.
Editor :
Sumber : muhammadiyah.or.id
- Dilihat 1453 Kali
Berita Terkait

0 Comments