Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 31/10/2017 12:00 WIB

BPBD Kabupaten Bekasi Ajak Seluruh Elemen Siaga Banjir

Ilustrasi Banjir
Ilustrasi Banjir
CIKARANG_DAKTACOM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi akan berkoordinasi dengan seluruh instansi untuk mengantisipasi musibah banjir yang datang saat musim penghujan.
 
Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Aspuri seusai Apel Siaga Banjir yang digelar di Plaza Pemkab mengatakan kegiatan kesiapsiagaan itu upaya dalam menghadapi curah hujan yang diprediksi akan terjadi pada bulan Oktober, November dan Desember yang diperkirakan semakin meningkat, sehingga semua pihak diperintahkan untuk siaga bersama semua unsur yang ada termasuk TNI dan Polri.
 
"Ada 13 dari 23 Kecamatan yang dipetakan rawan bencana banjir, selain banjir tanah longsor dan puting beliung menjadi bencana yang sering terjadi di Kabupaten Bekasi," paparnya pada Selasa (31/10).
 
Untuk antisipasi banjir diakuinya juga diperlukan upaya khusus diantaranya normalisasi sungai di beberapa titik sehingga meluapnya sungai bisa diatasi dan tidak terjadi banjir.
 
Aspuri juga mengajak masyarakat melakukan penanggulangan bencana dengan mengedepankan komunitas mandiri, sehingga masyarakat dapat membentuk sebanyak-banyaknya komunitas mandiri untuk menanggulangi bencana.
 
Dalam kegiatan penanggulangan bencana juga perlu diberi perhatian khusus oleh pemerintah daerah dan harus masuk kedalam Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1323 Kali
Berita Terkait

0 Comments