Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/10/2017 12:00 WIB

Mabims Bentuk Pokja Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis IT

Senior Official Meeting SOM Menteri Agama Brunei Darussalam Indonesia Malaysia dan Singapura
Senior Official Meeting SOM Menteri Agama Brunei Darussalam Indonesia Malaysia dan Singapura
YOGYAKARTA_DAKTACOM: Empat negara Musyawarah Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) sepakat membentuk kelompok kerja (pokja, working group) untuk menanggulangi gerakan ekstrimisme berbasis teknologi informasi.
 
“Empat negara anggota Mabims sepakat dan akan mengintesifkan pembicaraan membentuk kelompok kerja (working group)  untuk menanggulangi gerakan-gerakan ektrimisme berbasis teknologi informasi,”  ujar Sekjen Kementerian Agama saat jumpa pers bersama ketua delegasi usai paparan sesi pertama Senior Official Meeting (SOM) Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) ke-42  Nur Syam  di Yogyakarta, Kamis (26/10).
 
Kegiatan tahunan dengan peserta para pejabat setingkat Sekretaris Jenderal dari 4 negara anggota MABIMS tahun ini berlangsung mulai tanggal 25-28 Oktober 2017. Tahun lalu diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Malaysia dan Brunei Darussalam, dalam paparannya senada menyampaikan, saat ini banyak yang terlibat dalam gerakan ektrimisme mereka yang berusia muda dan terdidik.
 
“Berbeda dengan era sebelumnya, yang terlibat dalam gerakan ektrimisme dilakukan oleh mereka yang putus asa karena alasan ekonomi, sosial, budaya, dan karena terpinggirkan, tapi sekarang justru sudah menyasar anak muda kita, terbukti banyak generasi muda kita yang sudah terpapar oleh paham ektrimisme dan radikal,” ujar Nur Syam yang juga ketua delegasi Indonesia.
 
Anggota Mabims juga sepakat bahwa media informasi memiliki kontribusi signifikan mengembangkan gerakan ektrimisme ini, dan keempat negara ini juga sepakat bagaimana menanggulangi ekstrimisme ini melalui teknologi informasi.
Editor :
Sumber : kemenag.go.id
- Dilihat 1472 Kali
Berita Terkait

0 Comments