Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/10/2017 15:00 WIB

Bima Arya Gagas Program Orang Tua Asuh Bagi Anjal

Ilustrasi Anak Jalanan
Ilustrasi Anak Jalanan
BOGOR_DAKTACOM: Program Orang Tua Asuh akan menjadi salah satu cara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam memperhatikan khusus Anak Jalanan (anjal). Nantinya untuk orang tua asuh berasal dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (PD) di Kota Bogor.
 
Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya saat briefing staf di ruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Selasa (24/10).
 
“Saya akan ambil dua sampai lima anak ini bukan soal anak jalanan, tetapi juga perhatian. Semua anjal akan diperhatikan dan menjadi anak asuh dari para pejabat eselon dua. Nanti akan diatur sistemnya dan diundang perwakilan anak jalanannya,” ujar Bima.
 
Menanggapi rencana tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor Azrin Syamsudin mengatakan, Dinsos akan menyiapkan data semua anjal yang ada di Kota Bogor. Sebelumnya sudah ada 195 anjal yang terdata di Dinsos. Ditambah dengan data terbaru saat sidak ada 128 anjal. Kedua data tersebut akan di singkronkan dan dilihat mana yang bisa menjadi anak asuh.
 
“Tentunya yang akan dipilih menjadi anak asuh mereka yang tidak mampu, baik mempunyai keluarga ataupun tidak serta yang berada di usia sekolah,” jelasnya. 
 
Setelah itu, lanjut Azrin, anak-anak tersebut akan diseleksi lagi mana saja yang masuk ke pendidikan formal atau informal yang lokasi sekolahnya dekat dengan rumah. Anak-anak yang diasuh orangtua asuh ini akan dibuatkan perjanjian komitmen agar tidak kembali lagi ke jalanan dengan alasan mencari nafkah.
 
“Selain karena terkait keamanan dan ketertiban kan setiap anak usia sekolah memang harus sekolah,” katanya.
 
Ia menuturkan, pihaknya juga kan bersinergi dengan PD terkait untuk memberikan berbagai pelatihan kepada anjal yang berada di usia produktif. Mulai dari pelatihan salon, bengkel, UMKM dan lainnya.
 
“Dari Dinsos sendiri kan fokusnya lebih banyak kepada rehabilitasi, pembinaan dan pemberdayaan anjal,” pungkasnya
Editor :
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 1402 Kali
Berita Terkait

0 Comments