Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/10/2017 08:30 WIB

Kepala Daerah Diingatkan Jangan Bermain dengan APBD

Presiden didampingi Wapres memasuki ruangan agenda RKP di Istana Negara
Presiden didampingi Wapres memasuki ruangan agenda RKP di Istana Negara
JAKARTA_DAKTACOM: Berkaitan dengan korupsi, takut semua pada Operasi Tangkap Tangan (OTT), ya jangan ambil uang. Tidak perlu takut kalau tidak melakukan apa-apa.
 
Penegasan tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan kepada para kepala daerah dalam acara Rapat Kerja Pemerintah (RKP) yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10). 
 
“Nanti akan keluar Perpres untuk membangun sistem, baik yang namanya e-planning, e-budgeting, e-procurement. Sistem itu akan mengurangi, menghilangkan OTT. Kalau sistem ini berjalan, tidak ada yang namanya OTT,” tutur Presiden Jokowi.
 
Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mengingatkan kepada kepala daerah untuk lebih hati-hati dalam pengelolaan anggaran. “Hati-hati, jangan ada yang main-main lagi masalah uang, apalagi APBD. Saya tidak bisa bilang jangan kepada KPK. Saya bantu hanya dengan cara ini, membangun sistem ini, kita bangun bersama-sama,” urai Presiden.
 
Yang keempat, Presiden juga menyampaikan berkaitan dengan inovasi pembiayaan. Ia menambahkan bahwa kalau di daerah ada yang ingin membangun rumah sakit, ingin membangun pasar, income-nya dari situ jelas, itu bisa pinjam ke PT SMI ( PT Sarana Multi Infrastruktur).
 
“Bunganya kurang lebih 6,9 persen. Tapi ini juga tetap dilihat di lapangan, dilihat juga business plan-nya seperti apa, dilihat semuanya. Ini adalah sebuah alternatif pembiayaan, nanti dicicil lewat APBD tiap tahun,” tandas Kepala Negara. 
Editor :
Sumber : setkab.go.id
- Dilihat 1002 Kali
Berita Terkait

0 Comments