Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 24/10/2017 09:15 WIB

Pemkab Bekasi Giatkan Membangun Taman

Taman konsep hijau atau go green di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bekasi di Desa Sukamahi
Taman konsep hijau atau go green di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bekasi di Desa Sukamahi
CIKARANG_DAKTACOM:Pemerintah Kabupaten Bekasi menerapkan konsep hijau atau go green di lingkungan pemerintahan setempat di Desa Sukamahi, Cikarang Pusat.
 
Tujuannya untuk memperindah lingkungan, sehingga memberi rasa nyaman kepada masyarakat saat mendapat pelayanan dari petugas.
 
Kepala Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno mengatakan, sejak awal tahun 2017 pihaknya telah menerapkan konsep hijau (go green) di kantor pemerintahan setempat.
 
Menurut dia, sebagian lingkungan pemerintah sudah berkonsep hijau, dan ke depan semua lingkungan pemerintah wajib hijau dan asri.
 
"Ini sekaligus upaya kami dalam menanggulangi pemanasan global," kata Peno di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi pada Senin (23/10).
 
Peno mengklaim, telah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar program itu tidak tumpang tindih dalam pelaksanaannya.
 
Bila OPD dan gedung dinas ada pohon dan hijau, kata dia, akan terlihat lebih asri.
 
"Kami juga menggandeng perusahaan swasta untuk memberikan bantuan bibit tanaman dan menata taman di lingkungan Pemkab Bekasi berbentuk Coorporate Social Responsibility (CSR)," ujarnya.
 
Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin menambahkan, pemerintah dalam waktu dekat akan membangun membangun dua taman baru tahun ini.
 
Kedua taman itu yakni Taman Bermain Cikarang Barat dan Taman Baca Cikarang Selatan.
 
"Rencananya, kedua taman tersebut akan dibangun di Jalan Raya Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat dan di halaman Kantor Kecamatan Cikarang Selatan," kata Neneng.
 
Neneng mencatat, saat ini jumlah taman aktif yang dimiliki pemerintah daerah ada lima, sementara yang lain statusnya non aktif.
 
Kelimanya adalah Taman Pilar, Kecamatan Cikarang Utara; Taman Citarik di Jalan Raya Lemahabang, Taman Sumberjaya di Kecamatan Tambun Selatan, Taman Sehati di Kecamatan Cikarang Timur dan Taman Ciantara di Kecamatan Cikarang Selatan.
 
"Sedangkan taman baru, difungsikan lokasi bermain anak serta wahana minat baca. Kami akan menyediakan sejumlah buku yang diharapkan menjadi daya tarik, khususnya di taman bacaan," ujar Neneng.
 
Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar mendukung program pemerintah tersebut.
 
Menurutnya, wilayah Kabupaten Bekasi saat ini sangat gersang dan banyak polusi yang disebabkan kehadiran kawasan industri.
 
Dengan adanya konsep ini bisa membuat wilayahnya menjadi hijau.
 
"Harapan kita bisa mengurangi polusi dan tidak gersang lagi," ujarnya.
 
Selain pemerintah, kata dia, pihaknya mendorong pihak swasta maupun pelaku industri untuk menerapkan konsep ini.
 
"Jadi selain pemerintah, pihak swasta juga wajib melakukan hal sama guna menghijaukan Kabupaten Bekasi," katanya.
Editor :
Sumber : Wartakota
- Dilihat 1520 Kali
Berita Terkait

0 Comments