Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 23/10/2017 08:15 WIB

Majelis Tarjih PP Muhammadiyah Gelar Halaqah Fikih Anak

Majelis Tarjih PP Muhammadiyah Gelar Halaqah Fikih Anak
Majelis Tarjih PP Muhammadiyah Gelar Halaqah Fikih Anak
SURAKARTA_DAKTACOM: Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Ahad (22/10) menggelar Halaqah Fikih Anak bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
 
Halaqah Fikih Anak ini adalah rangkaian acara yang diselenggarakan untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimunaskan Majelis Tarjih pada awal tahun 2018 nanti di Makassar. Halaqah ini dihadiri unsur Majelis Tarjih dari tingakat Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, di samping juga pakar-pakar yang diundang secara khusus.
 
Ketua Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, menjelaskan tentang arah dan gambaran konsep fikih baru dalam perspektif Muhammadiyah, termasuk Fikih Anak.
 
“Fikih dalam perspektif Muhammadiyah bukan fikih yang biasa dipahami banyak orang; berupa hukum halal haram dan lain sebagaimnya. Tapi makna fikih dalam perspektif Muhammadiyah lebih luas dari itu,” ungkap Syamsul.
 
Syamsul memaparkan bahwa terdapat tiga lapisan norma dalam fikih Muhammadiyah, yaitu nilai-nilai dasar (al-qiyam al-asasiyyah), asas-asas umum (al-mabadi’ al-‘ammah), dan ketentuan-ketentuan hukum kongkret (al-ahkam al-far’iyyah).
 
Syamsul berharap Fikih Anak ini tidak hanya berisi tentang pelindungan (hifz/protection) terhadap anak, tapi juga bagaimana mengembangkan dan memberdayakan (tanmiyah/development) potensi anak dengan dilandaskan pada konsep fikih Muhammadiyah tersebut
Editor :
Sumber : muhammadiyah.or.id
- Dilihat 992 Kali
Berita Terkait

0 Comments