Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/10/2017 14:00 WIB

Pemkot Bekasi Sediakan Dana Rp 15 Miliar Bagi Mahasiswa Berprestasi

Ilustrasi beasiswa
Ilustrasi beasiswa
BEKASI_DAKTACOM: Dinas Pendidikan Kota Bekasi berencana memberi dana beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi dari kalangan yang tidak mampu pada 2018 mendatang.
 
Dana yang akan diusulkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 ini mencapai Rp 15 miliar.
 
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan rencananya dana itu akan diberikan setiap satu semester sebesar Rp 5 juta.
 
Dengan demikian, dalam setahun satu orang mahasiswa memperoleh bantuan sebesar Rp 10 juta.
 
"Rencana ini akan dibahas oleh eksekutif dengan legislatif dalam RAPBD 2018," kata Inay pada Rabu (18/10).
 
Menurut Inay, dana ini akan diterima para siswa SMA/SMK tingkat akhir yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun terkendala biaya.
 
Mereka bisa mendaftar beasiswa tersebut ke Dinas Pendidikan dengan syarat nilai yang diperoleh juga cukup tinggi dan berdomisili Kota Bekasi.
 
"Namun syarat yang mutlak adalah calon mahasiswa harus dari kalangan masyarakat yang tidak mampu. Mereka juga dibebaskan untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di luar Bekasi," ujarnya.
 
Inay menjelaskan, tujuan dana beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas warga Kota Bekasi, sehingga mampu bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang digagas pemerintah pusat sejak 2015 lalu.
 
"Beasiswa ini juga untuk menekan angka pengangguran, kan sekarang lulusan S1 saja sudah sedikit sulit cari kerja apalagi kalau cuma SMA," katanya.
 
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bekasi Ariyanto Hendrata, meminta kepada pemerintah daerah agar teliti dalam memberi dana beasiswa itu.
 
"Jangan sampai, dana yang dikasih tidak tepat sasaran, sehingga niat baik ini tidak bisa terlaksana. Didata dulu, siapa penerimanya, jangan sampai yang nerima malah orang berduit," kata Ariyanto.
Editor :
Sumber : Wartakota
- Dilihat 1531 Kali
Berita Terkait

0 Comments